ITB Tandatangani MoU dengan Politeknik Negeri Bandung

Oleh Vinskatania Agung A

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Selasa (07/07/15), ITB resmi bekerja sama dengan Politeknik Negeri Bandung (Polban) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) oleh Rektor ITB, Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. dan Direktur Polban, Dr. Ir. Rachmat Imbang Tritjahjono, M.T. Upacara simbolik yang dilakukan di Ruang Rapat A Gedung Annex ITB ini mengawali terjalinnya kerja sama formal dalam bidang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kesempatan ini turut hadir Dr. Miming Miharja selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi; Dr. Firmansyah selaku Deputi Direktur Bidang Kemitraan; Gun Gun Waldi Gumilar, S.Sos. selaku Kepala Bagian Produksi dan Pemasaran UUP Penerbit ITB; Herdiana, S.Sos dari UUP Penerbit ITB; dan Dr. Andri Dian Nugraha selaku Kepala Program Studi Teknik Geofisika ITB yang hadir mewakili Dekan ITB.
Kerja sama antara ITB dan Polban sebelumnya memang sudah terjalin secara tidak resmi mengingat Polban dulunya merupakan bagian dari ITB. Kini ITB dan Polban telah mengikat kerja sama secara formal untuk dapat lebih banyak lagi berkolaborasi. Cakupan kerja sama yang dilakukan antara lain dalam lingkup pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan tata kelola, dan bentuk lainnya yang dianggap penting. Dr. Rachmat berharap dengan adanya kerja sama ini dapat terbangun penjaminan mutu Polban.

''Banyak sinergi yang dibutuhkan antara Polban dan ITB mengingat arah ITB adalah menuju entrepreneurial university sehingga banyak keunggulan politeknik yang bisa disinergikan dengan ITB. Langkah ini merupakan awal yang baik,'' ujar Rektor ITB dalam sambutannya. Nota Kesepahaman tersebut mulai berlaku sejak tanggal ditandatangani hingga lima tahun ke depan. Dalam jangka waktu dekat ini, kerja sama yang akan dilakukan adalah berupa percetakan dan penerbitan. ''Suatu kebanggaan buat kami bila Polban mempercayakan ITB untuk membangun bersama. ITB adalah bukan hanya untuk ITB tapi juga untuk bangsa dan negara juga untuk Polban,'' tambah Kadarsah.


scan for download