Seminar Risk Management: Perkaya Wawasan Manajemen Risiko dan Industri Asuransi

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Minggu (09/05/15) merupakan hari diselenggarakannya Seminar Risk Management sebagai bagian dari kegiatan SURE! Challenge & Expo. Acara yang diadakan di Auditorium SBM ini merupakan tahap puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu Risk Management Case Competition dan Risk Awareness Campaign Competition. Risk Management Case Competition adalah sebuah kompetisi bagi tim yang terdiri dari tiga orang mahasiswa ITB untuk melakukan analisis manajemen risiko terhadap perusahaan grup Astra International, sedangkan Risk Awareness Campaign Competition adalah sebuah gerakan pencerdasan manajemen risiko yang dilakukan oleh massa himpunan sekaligus kompetisi pembuatan media kampanye manajemen risiko. SURE! Challenge & Expo adalah sebuah proyek mempromosikan sesuatu (employer branding) dari Asuransi Astra yang terintegrasi dalam program pelatihan kepemimpinan Astra1st ITB, rangkaian kegiatan ini dibuat agar civitas academica ITB paham bahwa keterampilan teknis dalam keprofesian di ITB sangat dibutuhkan dalam industri asuransi.

Tim Astra1st ITB adalah pihak dibalik kesuksesan rangkaian acara SURE! Challenge & Expo. Menurut Hasnan Chatim (Teknik Telekomunikasi 2011), selaku pemimpin proyek dari SURE! Challenge & Expo, keberjalanan proyek ini dibantu oleh pihak Astra International sebagai pembuat program Astra1st dan juga pihak Asuransi Astra sebagai klien dalam proyek ini. "Semoga acara ini dapat meninggalkan jejak di himpunan mahasiswa ITB maupun mahasiswa ITB pada umumnya bahwa kita semua dapat memilih karir di industri asuransi. Secara lebih umum, saya berharap bahwa acara ini dapat menjadi katalis agar mahasiswa dapat membuka wawasan terhadap kesempatan berkarir di industri lainnya," tegas Hasnan.

Pada umumnya, keprofesian teknik berhubungan erat dengan asuransi sehingga terdapat banyak kesempatan untuk berkarir di industri asuransi. Sayangnya, masih banyak mahasiswa ITB yang tidak menyadari kesempatan ini. Oleh karena itu, acara ini hadir untuk menjembatani antara kebutuhan pekerja di industri asuransi dengan kesempatan yang ada bagi mahasiswa.

 

Pembahasan mengenai manajemen risiko disampaikan langsung oleh salah seorang direktur (Chief Human Capital Officer & Corporate Secretary) Asuransi Astra, Ida Rotua M. Sigalingging. Peserta seminar yang turut serta hadir dalam acara ini terlihat sangat antusias terhadap pemaparan mengenai manajemen risiko. Selain itu, dalam acara ini juga dibahas tentang industri-industri yang dimiliki grup Astra International serta pengalaman alumni ITB yang telah berkarir di Asuransi Astra. Setelah seminar selesai, kemudian kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang Risk Management Case Competition dan Risk Awareness Campaign Competition.

 

 

 

 

Oleh: Apresio Kefin Fajrial
ITB Journalist Apprentice


scan for download