Berita / Utama

ITB Bersama Panlok-84 Bandung Siap Selenggarakan SBMPTN 2015

Mega Liani Putri - Jumat, 8 Mei 2015, 15:22:39
BANDUNG, itb.ac.id - Empat perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Panitia Lokal-84 Bandung mengumumkan kesiapannya menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015 pada Jumat (08/05/15) di Gedung Information Center ITB. Perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Siliwangi yang baru saja berubah status menjadi perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Tasikmalaya. SBMPTN tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Juni serentak di seluruh Indonesia.

Hadir pada kesempatan tersebut rektor dari keempat PTN, Ketua Panitia Lokal-84 Bandung Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB), dan Sekretaris Eksekutif I Panlok SBMPTN 2015 Prof. Dr. Asep Gana Suganda. Sekretaris Eksekitif I Panlok menjelaskan teknis mulai dari persyaratan hingga tata cara pelaksanaan SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada 11-29 Mei 2015 via on-line, dapat diakses melalui sbmptn.or.id. Tata cara pengisian halaman tersebut sudah dapat di download sejak 5 Mei 2015. Persyaratan tahun ini tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya. Namun, tahun ini panitia pelaksana SBMPTN membuat kebijakan bahwa kelulusan UN tidak lagi menjadi syarat mendaftar SBMPTN, melainkan cukup lulus ujian sekolah.

Setelah kolom identitas di web SBMPTN, pendaftar akan mendapatkan KAP dan PIN sekaligus slip pembayaran yang harus dicetak maksimal 3 x 42 jam. Pendaftar SBMPTN dikenai biaya sebesar seratus ribu rupiah dan bisa dibayarkan melalui Bank Mandiri dan BNI. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar dapat melanjutkan mengisi formulir on-line tersebut. pendaftar resmi menjadi peserta SBMPTN jika telah mencetak kartu peserta dan harus dibawa saat SBMPTN berlangsung. Panitia menghimbau agar pendaftar sesegera mungkin menyelesaikan proses pendaftaran guna menghindari hal-hal teknis yang tidak diinginkan di detik-detik menuju penutupan registrasi.

SBMPTN tahun ini masih terdiri atas dua ujian, yaitu tertulis dan keterampilan (khusus untuk program studi Seni dan Olahraga). Ujian tertulis akan diselenggarakan pada tanggal 9 Juni 2015. Ujian tertulis terbagi atas dua kelompok: saintek dan soshum. Peserta SBMPTN harus mengikuti Tes Kemampuan dan Potensi Akademik serta Tes Kemampuan Dasar sesuai dengan pilihan kelompok (saintek, soshum, atau saintek-soshum. ITB sendiri akan mengadakan ujian keterampilan untuk seleksi masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain bertempat di Kampus ITB Ganesha pada tanggal 10-11 Juni 2015. Hasil seleksi kemudian akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2015.

Tahun ini, ITB menerima 3775 mahasiswa baru dengan porsi 40% melalui SBMPTN, yaitu 1502 orang. Sedangkan 60% lagi akan segera terpenuhi oleh siswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan diumumkan esok hari (09/05/15). 2015 pun menjadi tahun dimulainya empat program studi baru oleh ITB, yakni Teknik Pangan, Teknologi Pasca Panen, Bioenergi dan Kemurgi, Biomedik, dan kelas internasional untuk program studi Manajemen.