Berita / Utama

Arsitektur ITB Kembali Gelar Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa

Bangkit Dana Setiawan - Kamis, 2 April 2015, 20:53:16
BANDUNG, itb.ac.id - Arsitektur ITB kembali mengadakan Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur pada Senin-Jumat (23-27/03/15) dan Senin-Selasa (30-31/03/15). Sebanyak 17 karya tugas akhir mahasiswa dipamerkan di Galeri Information Center ITB. Pameran ini ditujukan tidak hanya untuk mahasiswa ITB saja, melainkan juga mahasiswa yang tergabung dalam Forum Ikatan Mahasiswa Arsitektur Jawa Barat (FIMA Jabar) serta beberapa biro arsitektur profesional turut hadir dalam acara ini.

Pameran karya tugas akhir Mahasiswa Arsitektur ITB adalah acara yang diadakan secara berkala, yaitu tiga kali dalam satu tahun setiap masa wisuda ITB. Setiap pameran mengusung tema yang berbeda-beda sesuai dengan permintaan dari wisudawan. Kali ini tema yang diusung adalah "Futuristic Minimalist".  Acara ini juga sekaligus menjadi pembuka rangkaian acara wisuda Arsitektur ITB oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma (IMA-G).

Dalam pameran ini, karya mahasiswa arsitektur ITB yang akan diwisuda pada bulan Maret 2015 ditampilkan dalam bentuk poster tugas akhir yang ditempel pada panel. Maket dari karya-karya tersebut diletakkan di depan panel sebagai visualisasi tiga dimensi dari gambar. Adapaun karya- karya yang terpajang dalam pameran ini, diantaranya adalah Museum Batik Nasional oleh Ines Inera (Arsitektur 2010), Islamic Center Bekasi oleh Rian Fitrayana (Arsitektur 2010), Bandung Culinary Center oleh Wieny Mediawati (Arsitektur 2010), Terminal Penumpang Bandara Kertajati oleh Agratama Arfiano (Arsitektur 2010), dan Bandung Performing Arts Center oleh Andhira Raydhania (Arsitektur 2010).

Sesuai dengan temanya, desain pameran dibuat sederhana agar dapat menonjolkan karya utama para wisudawan dengan maksimal. "Konsep rancangan penataan karya pada pameran kali ini adalah organik. Kami ingin ketika memasuki ruang pameran pengunjung dapat melihat secara keseluruhan pameran karya. Pengunjung juga sengaja tidak diberi jalur untuk menyusuri tiap karya, melainkan karya dipasang acak sehingga pengunjung bebas memilih karya yang menarik hatinya," jelas Erdiani Erwandi (Arsitektur 2013) selaku ketua pelaksana.

Menariknya, di pameran ini pengunjung tidak hanya datang untuk melihat karya-karya tugas akhir tapi juga dapat memberi testimoni serta mengisi polling untuk karya TA terfavorit. Di penghujung acara, dilakukan penghitungan dan pengumuman terhadap TA yang mendapat suara terbanyak. Selain itu, disediakan pula katalog yang dapat diambil oleh pengunjung.

 

Oleh:

Fikri Rozi dan Vinskatania Andrias

ITB Journalist Apprentice 2015