Berita / Utama

ITB Luluskan 1677 Wisudawan dalam Sidang Terbuka Wisuda Kedua Tahun Akademik 2014/2015

Annisa Mienda - Minggu, 29 Maret 2015, 22:44:32
BANDUNG, itb.ac.id-Pada Jumat-Sabtu (27-28/03/15) ITB meluluskan 1677 wisudawan dan wisudawati pada Sidang Terbuka Wisuda Kedua Tahun Akademik 2014/2015. Lewat sidang tersebut, ITB melepas 779 mahasiswa program sarjana (S1), 837 mahasiswa program magister (S2), dan 43 mahasiswa program doktor (S3). Sebanyak 231 mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Sidang yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut dihadiri oleh rektor, dekan, advisory board ITB, serta para orang tua wisudawan. Pada sidang Program Sarjana Sabtu (28/03/15), turut hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan serta mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Tri Soetrisno.Pada rangkaian acara wisuda, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, menyampaikan pidato mengenai keterkaitan antara masalah dengan cara berpikir di luar kotak (thinking out of the box). Beliau mengambil contoh penyelesaian masalah energi nasional yang kini tengah menyeruak. Menurut Kadarsah, pengembangan sumber energi hayati biasa diiringi dengan argumentasi ekonomi, bahwa jika  harganya tidak lebih murah dari sumber energi fosil maka produk yang dihasilkan tidak akan bersaing di pasar. Padahal, jika masyarakat Indonesia mau berpikir di luar kotak, tentunya mereka tidak akan mempermasalahkan lagi soal tingginya harga energi baru tersebut, melainkan merumuskan cara agar produksi energi menjadi efisien dan diterima oleh pasar. "Kemampuan untuk bisa menjawab masalah, baik pada skala organisasi, lokal, daerah, maupun nasional, merupakan sebuah faktor yang krusial bagi kemajuan kita bersama sebagai sebuah bangsa," tuturnya. "Kemajuan tidak akan dicapai dengan mengabaikan masalah, atau menukar suatu masalah dengan masalah lain yang baru."

Di akhir sambutan, Kadarsah membacakan sederet prestasi yang berhasil diraih mahasiswa ITB pada periode Oktober 2014 hingga Maret 2015. Prestasi tersebut diperoleh dalam skala nasional maupun internasional. Tak hanya itu, segudang prestasi yang berhasil diraih oleh para mahasiswa berasal dari bidang akademik maupun non-akademik.

Rangkaian acara wisuda turut diisi dengan penyampaian kata-kata perpisahan oleh Mohamad Jeffry Giranza (Teknik Geologi 2010) selaku perwakilan wisudawan sekaligus mantan Presiden Keluarga Mahasiswa (KM) ITB periode 2014/2015. Dalam pidatonya, Jeffry menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh civitas akademika ITB atas pembelajaran yang ia dan teman-temannya dapatkan selama berkuliah di ITB. Jeffry berpesan agar para wisudawan tetap menjaga kerendahan hati serta berbagi untuk sekitar. "Hidup itu tentang pilihan, kita tinggal memilih. Apakah bekerja memanfaatkan ilmu untuk mendapat penghasilan atau berbagi memanfaatkan ilmu untuk komunitas di sekitar (orang banyak)", tutur Jeffry.