ITB Scholarship Gathering Jalin Silaturahmi dan Apresiasi Mitra Beasiswa

Oleh Bayu Rian Ardiyansyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai wujud bantuan ekonomi kepada mahasiswa, Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB senantiasa berusaha untuk menyalurkan berbagai program beasiswa, baik yang bersumber dari pemerintah, mitra beasiswa, maupun ITB sendiri. Oleh karena itu, pada Jumat (13/03/15) LK ITB menyelenggarakan acara "ITB Scholarship Gathering" untuk mengapresiasi pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam program beasiswa di ITB. Acara yang bertempat di Aula Timur ITB ini juga sekaligus bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan para mitra beasiswa demi kerjasama yang lebih baik ke depannya.
Acara tahunan ini dibuka dengan tarian penyambutan tamu yang dibawakan oleh Unit Kebudayaan Sumatera Utara ITB. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Brian Yuliarto, Ph.D. selaku Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB dan disambung dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Bermawi Priyatna Iskandar. Dalam sambutannya, Prof. Bermawi menyampaikan bahwa peranan beasiswa untuk menunjang keberhasilan pendidikan menjadi penting karena banyak mahasiswa yang cerdas memerlukan dukungan finansial dari seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah, swasta, yayasan, hingga kalangan alumni.

"Harapannya, semoga ke depan kami bisa memperluas kegiatan yang melibatkan mitra beasiswa ITB ini hingga mencakup kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa, seperti melalui pelatihan soft skill, kesempatan internship, maupun kerjasama penelitian," tutur Prof. Bermawi.

Pada tahun 2014, ITB telah mengelola dana beasiswa dengan jumlah mencapai lebih dari 145 milyar rupiah yang disalurkan kepada 11.029 mahasiswa ITB. Angka itu menunjukkan bahwa sebanyak 76% mahasiswa yang berkuliah di ITB mendapatkan beasiswa. Dari sekian banyak beasiswa tersebut, tujuh persen diantaranya merupakan kontribusi dari 42 perusahaan, yayasan, ataupun institusi yang telah menjadi mitra beasiswa ITB. Sebagian besar beasiswa disalurkan dalam bentuk subsidi biaya pendidikan. Hal ini merupakan komitmen ITB dalam mewujudkan zero drop-out yang diakibatkan oleh masalah ekonomi.

"Kita semua adalah solusi dari persoalan yang ada di bangsa kita. Program beasiswa seperti ini adalah salah satu peran yang dapat kita berikan dan kami sangat mengapresiasi peran tersebut," tutur Dr. Eng. Sandro Mihradi selaku Sekretaris Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa ITB dalam paparannya mengenai gambaran umum beasiswa ITB selama tahun 2014.

Dalam acara ini setiap mitra yang hadir mendapatkan kehormatan untuk menerima plakat penghargaan sebagai tanda terima kasih ITB. Selain itu, turut hadir pula para mahasiswa penerima beasiswa agar mereka bisa berinteraksi langsung dengan pemberi beasiswanya. "Mudah-mudahan nantinya peran ini bisa diikuti oleh para mahasiswa yang saat ini sedang menerima beasiswa. Semoga suatu saat ketika sukses, mereka bisa terdorong untuk ikut berkontribusi juga," pesan Sandro. Terakhir, penampilan tari Rano Plambuan yang dibawakan oleh Unit Kebudayaan Aceh menjadi penutup acara ini.

scan for download