Berita / Utama

Dies Natalis ke-56, ITB Pamerkan Produk dan Karya Inovasi

Luh Komang Wijayanti Kusumastuti - Rabu, 4 Maret 2015, 21:07:27
BANDUNG, itb.ac.id - Pada Senin-Selasa (02-03/03/14), ITB menyelenggarakan pameran produk dan karya inovasi. Pameran ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian dies natalis ITB yang ke-56. Bertempat di Aula Timur, pameran ini dibuka secara resmi oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, dengan memamerkan lebih dari seratus karya inovasi yang berupa produk maupun hasil riset dari setiap fakultas serta lembaga penelitian di ITB.

Aula Timur dibagi menjadi beberapa booth. Sebanyak 12 booth untuk fakultas dan 13 booth untuk lembaga penelitian seperti pusat penelitian teknologi informasi dan komunikasi, pusat penelitian biosains dan bioteknologi, serta pusat penelitian produk budaya dan lingkungan. Selain untuk menyosialisasikan hasil riset, pameran ini juga diadakan untuk memberi apresiasi bagi para peneliti di ITB atas dedikasinya terhadap misi ITB, yaitu menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan.


Beberapa produk karya dan inovasi dari setiap fakultas yang ditampilkan antara lain adalah Prototype Sistem Peringatan Dini Tanah Longsor (Dr. Ir. Irdam Adil, M.T, FITB), Nanocoating Tiang Pancang Beton (Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah, FMIPA), Kedutaan Masalah Dunia (Dr. Tisna Sanjaya, M.Sch, FSRD), Sistem Pemantau Kualitas UDara dan Air Secara Real Time (Brian Yuliarto, ST., M.Eng., Ph.D, FTI), Pengembangan SIstem Perancangan Crash Box Untuk Meningkatkan Keselamatan Alat Transportasi (Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, FTMD)


Micro Algae Based Adsorbent (Dr. Ir. Edwan Kardena; Dr. Qomarudin Helmy, FTSL), Teknologi 4D Microgravity Untuk Eksplorasi dan Monitoring (Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, FTTM), Konsep Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat (Ir. Johnny Patta, MURP, Ph.D, SAPPK), Spring Fling Bags (Maple Company, Mahasiswa SBM), Senyawa Marker dari Tumbuhan Obat untuk Standardisasi Obat Herbal (Dr. Elfahmi, SF), Limnonectes Larvaepartus: Spesies Baru Katak yang Melahirkan Kecebong (Prof. Djoko T. Iskandar, SITH) dan NIVA: Perangkat Deteksi DIni Penyakit Vaskuler (Prof. Dr. Ir. Tati R. Mengko, STEI).


Pameran ini menunjukkan kekuatan pilar ITB yaitu sains, teknologi, dan seni. Juga disertai dengan unsur kewirausahaan. Seperti yang pernah Prof. Kadarsah sampaikan bahwa ITB perlu terus memperkuat penelitian dan meningkatkan publikasi untuk mencapai ranking tinggi di dunia.