Comlabs ITB Adakan Pelatihan Penggunaan Wolfram Mathematica

By Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai bentuk follow up dari pelatihan menggunakan software yang telah terselenggara pada Desember 2014, Wolfram Mathematica kembali hadir di Comlabs ITB. Pelatihan lanjutan dilaksanakan pada Jumat (06/02/15). Dipandu oleh Ruben Garcia, mahasiswa dan dosen datang untuk mempelajari software pemodelan 2D and 3D wave phenomena. Salah satu fenomena yang dapat disimulasikan adalah gelombang tsunami. Pelatihan ini menarik perhatian civitas academica dari berbagai program studi.

Training pada Desember 2014 telah memacu mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir untuk mendalami program-program pemodelan matematika yang diproduksi oleh Wolfram. Wolfram telah bekerja sama dengan ITB untuk mendukung proses pendidikan di ITB. Sekarang, semua civitas academica bisa mengakses program Wolfram Mathematica secara cuma-cuma. Software tersebut dapat diunduh di ftp.itb.ac.id/pub/download/softwares2/wolfram dan hanya bisa diakses oleh civitas academica menggunakan akun internet dari ITB.

Menurut Daniel, Operasional Comlabs, mahasiswa-mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan dari Wolfram adalah orang-orang yang tertarik dengan programming untuk memodelkan persoalan engineering secara matematika. "Untuk ke depannya, diharapkan terbentuk komunitas yang concern tetang programming dan komputasi menggunakan Wolfram Mathematica," ujarnya.

Pembicara pada kesempatan itu, Ruben, adalah perwakilan Nabenta Indonesia, distributor Wolfram untuk Indonesia. Ia menjelaskan dan memotivasi manusia pentingnya penggunaan matematika untuk dunia industri, pendidikan, dan penelitian. Kini, mengembangkan pola pikir kita dengan memahami matematika menjadi lebih penting daripada sekadar menghafal rumus-rumusnya sehingga penguasaan konsep dan aplikasi matematika perlu lebih difokuskan dibandingkan mekanisme kalkulasinya sendiri.

Wolfram menaruh perhatian dalam mengembangkan pendidikan Indonesia dengan menyupport penelitian dan pengembangan menggunakan pemodelan matematika. Mathematica diadakan agar mahasiswa dan civitas academica bisa mengembangkan ide-ide mereka dan menyimulasikannya.