Galang Dana Bagi Perkembangan Komunitas, MTI ITB Gelar INDEED 2015

Oleh Ninik Susadi Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Menanamkan rasa tanggung jawab dan kesadaran untuk peduli terhadap kehidupan masyarakat merupakan salah satu tujuan dari Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (MTI) ITB. Berangkat dari tujuan tersebut MTI ITB mengadakan acara Industrial Engineering Week for Development (INDEED). INDEED merupakan acara sebagai salah satu cara dalam merealisasikan pengaplikasian keilmuan Teknik Industri (TI) dan Manajemen Rekayasa Industri (MRI) dalam mengembangkan komunitas. Komunitas yang menjadi target pada acara ini adalah membangun desa binaan di daerah yang membutuhkan. Dalam mendukung berjalannya program perkembangan komunitas ini, MTI ITB berupaya mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan melalui INDEED.

Acara yang diadakan pada Jumat-Sabtu (23-25/01/15) dan Minggu (01/02/14) terdiri dari lima rangkaian acara. Rangkaian acara tersebut yaitu Charity, Alumni Sharing Session, NostagiRun, Golf Tournament dan Gathering. Selain sebagai ajang pencarian dana, MTI ITB juga menjadikan INDEED sebagai wadah berkumpulnya alumni TI dan MRI agar dapat ikut terlibat dalam proyek pengembangan komunitas ini. Partisipasi dan kontribusi baik berupa dana, ide, atau saran nantinya dapat dimanfaatkan dalam proyek perkembangan komunitas ini.  "INDEED adalah sebuah acara yang tujuannya berupa fundraiser dan awarenessriser bagi community development di MTI," ucap Riszajidien (Manajemen Rekayasa Industri 2011) selaku ketua panitia. Community Development adalah salah satu program kerja yang dimiliki oleh MTI ITB yang menyangkut pengaplikasian keilmuan TI dan MRI dalam sebuah proyek yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain bantuan dari alumni, pada kegiatan ini INDEED 2015 juga disponsori oleh Toyota Astra Motor dan Bank Mandiri.


Rangkaian Acara INDEED 2015

Bertempat di Selasar Labtek 5 ITB, INDEED menyelenggarakan acara perdananya yaitu Charity. Charity adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang berkolaborasi dengan PMI melalui kegiatan donor darah. Diharapkan dalam kegiatan ini dapat membantu PMI untuk memaksimalkan potensi masyarakat dalam membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan pendonor darah. Dengan adanya Charity juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya mahasiswa ITB mengenai pentingnya pengabdian masyarakat.

Hari selanjutnya, diadakan acara NostalgiRun dimana mengundang seluruh alumni, mahasiswa TI dan MRI, serta masyarakat umum untuk melaksanakan olahraga lari bersama sejauh 5 km di sekitar kampus ITB. Dana yang berhasil dikumpulkan dari biaya pendaftaran dalam kegiatan ini nantinya akan diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Dengan hari yang sama, diadakan kegiatan Gathering yang bertujuan mengumpulkan alumni muda TI dan MRI. Dalam kegiatan ini akan dipaparkan mengenai proyek perkembangan komunitas yang akan diadakan oleh MTI ITB. Acara ini juga dibuka oleh rektor terpilih ITB yang juga merupakan alumni dari Teknik Industri ITB yaitu Prof. Kadarsyah Suryadi.

Lain halnya dengan tiga kegiatan yang diadakan INDEED, kegiatan selanjutnya lebih membahas mengenai keprofesian dari TI dan MRI itu sendiri. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa TI dan Mri yang masih berkuliah untuk mengetahui dunia keprofesian yang akan dihadapi melalui Alumni Sharing Session. Alumni Sharing Session adalah kegiatan transfer ilmu yang diberikan oleh alumni TI dan MRI yang telah sukses dalam bidangnya masing-masing kepada mahasiswa TI dan MRI. Kegiatan transfer ilmu ini dikemas dalam suatu seminar terpusat membahas tema umum mengenai dunia kerja seperti tips saat melamar kerja serta wawasan mengenai kewirausahaan. Para pengisi dalam seminar utama ini yaitu Surya Sasono (Teknik Industri 2007) sebagai Human Resource Conoco Philips dan Jaka Wiradisuria (Teknik Industri 2003) sebagai CEO valadoo.com. Selain seminar terpusat diadakan juga group sharing yang berisi alumni-alumni TI dan MRI dalam berbagai bidang.

Kegiatan terakhir sekaligus puncak acara dari rangkaian acara INDEED adalah Golf Tournament. Turnamen golf ini diselenggarakan untuk para alumni TI dan MRI dan golfer secara umum. Acara ini diadakan sebagai ajang silahturahmi kepada alumni TI dan MRI serta menghimpun dana paling besar dalam rangka proyek perkembangan komunitas yang akan diadakan oleh MTI ITB. 

 

Sumber Foto : Dokumentasi Panitia


scan for download