ITB Menjadi Tuan Rumah World 18th Conference on Soft Computing

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Pada Senin sampai dengan Jumat mendatang (1-12/12/14) ITB bekerjasama dengan Universitat Stuttgart berkesempatan menjadi tuan rumah untuk seminar daring (dalam jaringan,online-red) bertajuk The 18th Online World Conference on Soft Computing in Industrial Applications World Wide Web (WSC). Pada seminar yang diselenggarakan secara daring ini menghadirkan berbagai pembicara dari tujuh belas negara. "Ketujuhbelas seminar serupa sebelumnya digelar dengan host universitas-universitas di Eropa, untuk pertama kalinya pada tahun ini universitas di Asia berkesempatan menjadi tuan rumah untuk acara ini. Sehingga merupakan suatu kehormatan apabila ITB berkesempatan menjadi webmaster dari seminar ini,"ucap Andi Cakravastia, civitas akademika Fakultas Teknologi Industri ITB yang juga sekaligus menjadi Program chairs dari acara ini bersama dengan Bernadetta Kwintiana Ane dari Universitat Stuttgart.

WSC 18 kali ini dibuka oleh Prof. Dr. Akhmaloka selaku Rektor ITB, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rajkumar Roy selaku Chair of World Federation of Soft Computing. WSC 18 merupakan konferensi seminar berskala internasional yang membahas Online Soft Computing dalam aplikasi industri yang berupaya untuk membangun forum ilmiah dengan menyatukan insinyur dan praktisi dari berbagai latar belakang yang beragam untuk membahas dan menyebarluaskan informasi terbaru dari perkembangan peran soft computing dalam aplikasi industri.

Acara ini terbagi menjadi beberapa bagian. Secara garis besar terdapat sesi keynote speech,t tutorial, presentasi paper, invited talk,  dan special session yang menghadirkan pembicara profesional dari berbagai universitas di dunia. Pada Jumat mendatang misalnya, terdapat special session pada hari kelima konferensi online tersebut, Burak Omer Saracoglu dari lembaga Research and Development untuk perwakilan negara Turki akan mempresentasikan beberapa paparannya mengenai Aplikasi Soft Computing pada Industri Energi, salah satunya adalah pemaparan presentasinya yang berjudul "Studi kasus eksperimental pada pemodelan fuzzy logic untuk klasifikasi pemilihan investasi PLTA Mini Swasta pada tahap investasi awal".

Selain itu, tidak hanya para peneliti dan pembicara yang diundang dalam konferensi ini yang dapat mengikuti jalannya acara. Mahasiswa dan masyarakat umum juga dapat mengakses seminar ini secara daring dengan fasilitas streaming yang disediakan oleh website resmi FTI ITB."Mahasiswa-mahasiswa yang tertarik dengan topik ini dapat langsung mengakses link streaming yang ada," ucap Andi.

"Dengan adanya acara ini, semoga selain memperluas pengetahuan masing-masing dengan perkembangan terbaru online soft computing pada aplikasi industri saat ini, juga semoga dapat menambah jaringan kerjasama ITB dengan berbagai institusi penelitian untuk topik ini nantinya," ujar Andi menutup wawancara.

Tautan Terkait : www.fti.itb.ac.id/wsc18


scan for download