Berita / Utama

EMINEX 2014: Majukan Potensi Mineral Indonesia

Teguh Yassi Akasyah - Minggu, 9 November 2014, 20:39:23
BANDUNG, itb.ac.id - Teknik Material ITB melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Material (MTM) ITB kembali menyelenggarakan acara bergengsi terkait bidang keprofesian yang bertajuk Engineering Materials and Exhibition (EMINEX) 2014. Acara yang bertemakan "Indonesian Materials: Discover The True Potential" ini diselenggarakan pada Sabtu (08/11/14) bertempat di Boulevard ITB, dan Lapangan Parkir Gedung Ahmad Bakrie ITB. EMINEX 2014 merupakan perhelatan keempat yang telah diselenggarakan oleh MTM ITB, sebelumnya acara serupa telah dihelat pada tahun 2001, 2004, dan 2008.

Tujuan utama diselenggarakannya EMINEX 2014 adalah mencerdaskan pengetahuan masyarakat luas mengenai kekayaan material Indonesia melalui perwujudan karya nyata, serta sebagai wadah untuk tempat mempertemukan akademisi dan industri. Acara yang berkonsepkan pameran ini memiliki makna tersendiri, yaitu pensuasanaan interaksi pengunjung dengan pemamernya. "Konsep yang diusut dalam acara ini adalah interaksi antara masyarakat, mahasiswa, dan industri secara langsung agar terciptanya suasana hangat dalam rangka memaksimalkan potensi material Indonesia," tutur Azzahra Rahmani Ali (Teknik Material 2011) selaku Ketua Bidang Eksternal dalam kepanitian EMINEX 2014.

Dalam acara tersebut, turut digelar diskusi panel dengan tema serupa dan menghadirkan Dr. Ir. R. Sukhyar (Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI), Ir. Budi Santoso (Ketua Komnas Minerba RI), dan Dr. Ir. Slameto Wiryolukito (Dosen Teknik Material ITB). Diskusi tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan akademisi lainnya, hal ini bertujuan agar tercapainya sebuah kesimpulan untuk meningkatkan potensi Indonesia. Selain diskusi panel, turut diselenggarakan kompetisi antar himpunan se-ITB dan himpunan berbasis material se-Indonesia, kompetisi antar-siswa SMA dan masyarakat.

Untuk kompetensi antar himpunan tersebut ditampilkan karya dalam bentuk prototype serta profil himpunan. Prototype yang ditampilkan merupakan riset tentang logam, keramik, maupun polimer yang memanfaatkan material Indonesia yang dapat dijelaskan kepada masyarakat umum. Sedangkan kompetisi untuk siswa SMA adalah kompetisi debat bahasa Inggris dengan topik material Indonesia, dan kompetesi untuk masyarakat umum adalah videography competition mengenai material Indonesia juga.

"Dalam ajang ini, turut dihadirkan pameran dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan material lokal dan bergerak dalam bidang logam, polimer, keramik, dan komposit. Maksud dari hal ini adalah agar UMKM tersebut dapat mengembangkan karyanya dan langsung berinteraksi dengan industri yang turut hadir, sehingga bersama-sama memaksimalka material Indonesia," tambah Azzahra dalam pemaparannya tentang EMINEX 2014. Selain industri, UMKM dan mahasiswa, dalam EMINEX kali ini turut hadir himpunan dari universitas lain yang berbasis material dan metalurgi, serta Perhimpunan Mahasiswa  Metalurgi dan Material Indonesia (PM3I) guna menyelaraskan ide untuk memajukan potensi alam Indonesia.