Berita / Utama

Dies Natalis IMMG ITB: Sinergisasi Himpunan, Program Studi dan Alumni

Adhitia Gesar Hanafi - Sabtu, 8 November 2014, 19:31:48
BANDUNG, itb.ac.id - Ikatan Mahasiswa Teknik Metalurgi (IMMG) ITB kembali menyelenggarakan dies natalis ke-7 pada Jumat (07/11/14).  Staf dosen Teknik Metalurgi, para alumni Teknik Metalurgi ITB, serta anggota IMMG ITB berkumpul dalam suasana penuh keakraban dan berhasil membalut hangat gedung Aula Barat ITB yang sedang diguyur gerimis. Acara tersebut bertemakan "Sinergisasi IMMG, Program Studi dan Alumni Dalam Penyiapan SDM yang Mendukung Indonesia Mandiri Dalam Pengelolaan Sumberdaya Mineral". Berbeda dengan dies sebelumnya, kali ini acara tersebut menjadi salah satu rangkaian seminar bergengsi yang diselenggarakan oleh Teknik Metalurgi ITB, yaitu Indonesian Process Metallurgy (IPM) IV.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari ketua himpunan IMMG ITB, M. Rizki (Teknik Metalurgi 2011) pada pukul 19.00. Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Program Studi Teknik Metalurgi, DR. mont. M. Zaki Mubarok, S.T.,M.T. Dalam sambutanya, Zaki Mubarok mengapresiasi himpunan IMMG ITB yang sudah menjalin komunikasi yang baik dengan program studi. Pada akhir sambutan, beliau mengharapkan kelancaran studi bagi seluruh anggota IMMG dan tetap terjalinya komunikasi anatara IMMG ITB dengan program studi maupun dengan para alumni.  Sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan pemotongan tumpeng dilakukan oleh ketua IMMG ITB didampingi oleh staf dosen dan perwakilan alumni. Selain staf dosen dan alumni, turut hadir anak-anak Panti Asuhan Fajar Harapan yang merupakan salah satu tempat anggota IMMG untuk berbagi ilmu dalam perwujudan pengabdian masyarakat.

Pada dies kali ini, panitia menyuguhkan diskusi santai antara dosen, alumni, dan mahasiswa terkait tema tersebut, dimoderatori oleh Nurulhuda Halim (Teknik Metalurgi 2009). Kegiatan diskusi diawali dengan pemaparan dari Eddy Agus Basuki (Dosen Teknik Metalurgi ITB) mengenai sejarah berdirinya Program Studi Teknik Metalutgi ITB dan profil lulusan yang diharapkan oleh Program Studi. Dalam kesempatan, alumni Teknik Metalurgi ITB turut memaparkan tentang pentingnya beroganisasi guna mewujudkan profil lulusan yang cakap secara keilmuan maupun secara soft-skill

Sekilas tentang IMMG ITB

Lahirnya IMMG ITB tidak terlepas dari terbentuknya Program Studi Teknik Metalurgi. Pada awalnya, Teknik Metalurgi merupakan salah satu kelompok keahlian pada Teknik Pertambangan. Namun, karena dirasa cakupan ilmu dan aplikasi Teknik Metalurgi sangat luas, maka pada 9 Juni 2006, Program Studi Teknik Metalurgi ITB resmi berdiri berdasarkan keputusan Rektor ITB No.123/SKK01/OT/2006. Mengingat diperlukan wadah bagi mahasiswa Program Stud Teknik Metalurgi untuk berkarya dan mengembangakn diri, maka pada 5 Oktober 2007 IMMG ITB resmi berdiri. Menginjak usianya yang ketujuh, berbagai prestasi akademik maupun non-akademik dalam tingkat nasional maupun Internasional telah diraih oleh anggota IMMG ITB. Berbagai kegiatan internal keanggotaan, kegiatan pelatihan karakter, kepemimpinan, dan soft-skill rutin dilaksanakan oleh IMMG ITB.