Berita / Utama

ITB Luluskan 2230 Wisudawan di Wisuda Pertama 2014/2015

Annisa Mienda - Senin, 20 Oktober 2014, 14:33:50
BANDUNG, itb.ac.id-Pada sabtu (18/10/14), ITB meluluskan 2230 wisuda lewat Sidang Terbuka Wisuda Pertama Tahun Ajaran 2014/2015. Lewat sidang tersebut, ITB melepas 2231 mahasiswa program sarjana (S1), 840 mahasiswa program magister (S2), dan 36 mahasiswa program doktor (S2). Sebanyak 431 mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Sidang yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut dihadiri oleh rektor ITB, dekan, advisory board ITB, orang tua wisudawan, serta instansi-instansi yang bekerja sama dengan ITB.

Sidang dibuka dengan prosesi Pimpinan, Majelis Wali Amanat, Majelis Guru Beesar dan Senat Akademik ITB memasuki ruang sidang diiringi lagu Mars ITB. Kemudian, dikumandangkanlah lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi dengan Mengheningkan Cipta. Acara dilanjutkan dengan Pengambilan Janji Wisudawan serta pelantikan Doktor/Magister/Sarjana yang disambung dengan Lagu bagimu Negeri. Setelah itu, Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka menyampaikan pidatonya dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada seluruh wisudawan. Sidang ditutup dengan kata perpisahan dari wakil wisudawan dan doa.

Dalam pidatonya, Akhmaloka menyampaikan beberapa pemikiran mengenai hubungan antara kegiatan pendidikan tinggi dengan penelitian. Hal ini berkaitan dengan wacana penggabungan sektor pendidikan tinggi dengan sektor penelitian yang pernah bergulir dan kini menyeruak kembali. Akhmaloka beranggapan bahwa terbatasnya anggaran belanja dan tingginya tingkat kemiskinan bukan merupakan alasan untuk mengabaikan kebutuhan akan kemajuan dan penguasaan ipteks bangsa. Ia menyampaikan bahwa bangsa Indonesia memerlukan ruang yang lebih leluasa dan iklim yang lebih kondusif bagi kemajuan dan penguasaan ipteks, sebagai bagian yang penting dari kemajuan budaya bangsa. 

Di akhir sambutan, Akhmaloka membacakan sederet prestasi yang berhasil diraih mahasiswa ITB pada periode Juli hingga Oktober 2014. Prestasi tersebut diperoleh dalam skala nasional maupun internasional. Tak hanya itu, segudang prestasi yang berhasil diraih oleh para mahasiswa berasal dari bidang akademik maupun non-akademik.

Selanjutnya, Tubagus Andhika Nugraha (Teknik Informatika 2010) sebagai perwakilan wisudawan menyampaikan kata-kata perpisahan. Dalam pidatonya, Andhika menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh civitas akademika ITB atas pembelajaran yang ia dan teman-temannya dapatkan selama berkuliah di ITB. Andhika berpesan agar para wisudawan tetap menjaga kerendahan hati serta membuat pilihan mengenai apa yang akan dilakukan setelah keluar dari Gerbang Ganesha. "Tidak ada pilihan yang salah atau benar, selama pilihan itu kita buat dengan sadar dan laksanakanlah dengan sepenuh hati - sama halnya saat kita memilih untuk masuk ITB dulu", tutur Andhika.
'