Berita / Utama

ITB Selenggarakan Seleksi OSN-Pertamina 2014 Tingkat Propinsi Jawa Barat

Bayu Rian Ardiyansyah - Sabtu, 27 September 2014, 10:30:22
BANDUNG, itb.ac.id - Kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan merupakan dasar bagi pembangunan yang berkelanjutan. Sebagai perwujudan tanggungjawab untuk ikut berkontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesia, Pertamina kembali menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional Pertamina 2014 (OSN-Pertamina 2014) bekerjasama dengan perguruan tinggi di seluruh propinsi di Indonesia, termasuk ITB. OSN-Pertamina merupakan ajang kompetisi ilmiah dan wadah berkarya cipta serta berprestasi dalam bidang sains bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Dalam penyelenggaraan OSN-Pertamina ke-7 ini, ITB kembali menjadi salah satu pelaksana seleksi tingkat propinsi bagi Jawa Barat. Sebanyak 145 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengikuti seleksi yang bertempat di Aula Barat ITB pada Kamis (25/09/14)."Asal masih berstatus sebagai mahasiswa, semua peserta berhak mendaftar dan boleh memilih lokasi seleksi di mana saja. Pada akhirnya, akan dipilih peserta terbaik di setiap regional dan juara tingkat propinsi akan masuk ke tingkat nasional," tutur Aleams Barra, Ph.D (Dosen Matematika ITB) selaku panitia penyelenggara seleksi ini. Ada dua kategori yang dilombakan pada OSN-Pertamina 2014 yaitu kategori teori dan kategori proyek sains. Kategori teori memiliki empat bidang kompetisi, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan untuk kategori proyek sains yang dilaksanakan secara tim berjumlah tiga mahasiswa, ada tiga bidang yang dapat diikuti yaitu Aplikasi Perangkat Lunak, Rancang Bangun, dan Produk Unggulan.

Pada seleksi tingkat propinsi ini, peserta kategori teori menghadapi tes tulis berupa pilihan ganda yang menguji tingkat pemahaman mahasiswa terhadap bidang yang mereka pilih. Seleksi pada kategori teori ini dilaksanakan dengan mengikuti penyempurnaan yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya. Harapannya, penyempurnaan tersebut bisa memberikan kesempatan yang merata bagi mahasiswa berprestasi di setiap propinsi di seluruh Indonesia untuk mengukir prestasi. Sementara itu, pada seleksi ini peserta kategori proyek sains mengumpulkan proyeknya dalam bentuk proposal proyek sains. Panitia pusat akan mengevaluasi proposal tersebut dan menentukan sepuluh tim terbaik tiap bidang untuk presentasi secara online. Selain itu, semua tim juga wajib membuat poster sehubungan dengan proyeknya untuk menentukan pemenang poster terbaik di tingkat propinsi.

Apabila peserta berhasil memperoleh nilai tertinggi pada seleksi tingkat propinsi ini, maka mereka berhak untuk mengikuti babak final tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Universitas Indonesia pada 22-28 November 2014. Tim kategori proyek sains yang lolos seleksi babak penyisihan juga akan mempresentasikan hasil proyek sains sesuai dengan proposalnya pada babak final tersebut. "OSN-Pertamina ini merupakan ajang yang bagus untuk mengukur kemampuan mahasiswa dengan melihat sejauh mana dirinya mampu bersaing dibandingkan mahasiswa se-Indonesia. Apalagi ada hadiah beasiswa tunai yang disiapkan Pertamina yaitu senilai total dua miliar rupiah," tutup Aleams.