Berita / Utama

Luluskan 1415 Wisudawan, ITB Gelar Sidang Terbuka Wisuda

Akbar Syahid Rabbani - Minggu, 13 Juli 2014, 15:49:15
BANDUNG, itb.ac.id - Pada Sabtu (12/07/14), bertempat di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, sejumlah 1415 mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di ITB mengikuti Sidang Terbuka ITB untuk Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2013/2014. Wisudawan terdiri dari 899 mahasiswa program sarjana (S1), 494 mahasiswa program magister (S2), dan 22 mahasiswa program doktor (S3). Dari jumlah tersebut, 433 mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Prosesi sidang terbuka ini dihadiri oleh rektor ITB, dekan, dosen, orangtua mahasiswa serta advisory board ITB, termasuk pula institusi-institusi yang bekerjasama dengan ITB.

Sidang terbuka dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan janji wisudawan serta diikuti oleh pelantikan Doktor/Magister/Sarjana dan dinyanyikannya lagu Bagimu Negeri. Setelah itu dilanjutkan dengan pidato rektor dan kata perpisahan dari perwakilan wisudawan. Terakhir, sidang terbuka ini ditutup dengan pembacaan doa.

Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka menyampaikan sambutannya mengenai "Peranan Sarjana Sebagai Wirausahawan". Akhmaloka menenkankan bahwa mahasiswa yang telah lulus merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban ITB kepada Bangsa dan Negara Indonesia. Para lulusan ITB harus mempunyai kompetensi sosial, salah satunya adalah mampu menjadi seorang wirausahawan. "Kunci dari seorang wirausahawan adalah mengejar kesempatan untuk mewujudkan perbaikan. Untuk menjadi wirausahawan, seorang sarjana ipteks perlu senantiasa bersikap terbuka, mau terlibat dalam interaksi dan dialog dengan beragam pihak masyarakat serta melakukan pembelajaran melalui interaksi dan dialog tersebut" kata Akhmaloka.

Diakhir sambutan, Akhmaloka membacakan pengharagaan yang diraih oleh seluruh civitas akademika ITB pada periode April 2014 sampai dengan Juli 2014. Penghargaan-penghargaan tersebut diperoleh baik dalam skala nasional maupun skala internasional. Prestasi yang disampaikan pada sidang terbuka ini, bukan hanya prestasi akademik, melainkan juga prestasi non-akademik seperti beberapa prestasi yang telah diraih oleh Unit Kegiatan Mahasiswa ITB.

Selanjutnya, Lukki Priantomo Raharjo (Teknik Kelautan 2009) sebagai perwakilan wisudawan menyampaikan kata perpisahan. Lukki menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan kepada seluruh civitas akademika ITB. Lukki juga berpesan agar kita terus berjuang dalam menuntut ilmu dan mampu menggapai mimpi yang kita miliki. "Semoga apa yang akan kami jalani nanti akan selalu berarti untukmu, untuk Tuhan, bangsa dan almamater" tutup Lukki.

Sumber foto: Dari berbagai sumber