Berita / Utama

Safari Ramadhan Rektor ITB: Himpunan Mahasiswa Sebagai Laboratorium

Adhitia Gesar Hanafi - Rabu, 9 Juli 2014, 11:14:53

BANDUNG, itb.ac.id - Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Akhmaloka, Ph.D, beserta jajaran wakil rektor ITB melakukan kunjungan safari Ramadhan di lingkungan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB pada Selasa (08/07/14). Rombongan rektorat tersebut disambut hagat oleh dekan FTTM, civitas akademik, serta staf non-akademik FTTM. Acara yang diselenggarakan di Basic Science Center B (BSC-B) ITB tersebut turut mengundang perwakilan himpunan mahasiswa dari empat program studi yang berada dibawah naungan FTTM yaitu: IMMG ITB, HMT ITB, HMTG-TERRA ITB, dan HMTM-PATRA ITB. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan guna mempererat silahturahmi anatara rektorat dan civitas di ITB tersebut diakhiri dengan buka puasa bersama.

 

Kegiatan safari Ramadhan diawali oleh pembukaan pada pukul 16.00 WIB, dan dilanjutkan oleh pemaparan Prof.Dr.Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc (Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni ITB) mengenai FTTM dalam SNMPTN dan SBMPTN 2013/2014. Penjelasan dilanjutkan dengan pembahasan rencana pembangunan dan pengembangan ITB, khususnya rencana pengembangan FTTM dimasa mendatang. Tak luput dalam pemaparan, data statistik SDM baik civitas akademik maupun non-akademik, data riset dan penelitian, serta publikasi ilmiah turut ditampilkan sebagai gambaran perkembangan ITB dari tahun ketahun.

Setelah pemaparan tersebut, Prof. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D (Dekan FTTM ITB) memimpin sesi tanya jawab antara seluruh hadirin dengan rektor ITB. Dalam sesi tanya jawab ini, civitas akademik FTTM menyuarakan sedikit keluhan mengenai fasilitas perkuliahan seperti kelas dan kelengkapanya, berupa infocus dan pendingin ruangan. Selain itu, civitas akademik FTTM menyampaikan beberapa saran untuk meningkatkan kinerja, perbaikan sistem mengenai dana penelitian, serta publikasi ilmiah. Dalam sesi akhir tanya jawab, isu mengenai kemahasiswaan dan kaderisasi himpunan di ITB turut disinggung oleh perwakilan mahasiswa yang hadir.

"Saya menitipkan dengan sangat, dalam setiap rapat pimpinan saya selalu tekankan mengenai kemahasiswaan. Dekan, wakil dekan akademik, ketua Program Studi dihimbau untuk mengawasi secara bersama kegiatan kaderisasi. Himpunan mahasiswa adalah laboratorium, laboratorium untuk mengasah interaksi kita dengan yang lain, interaksi dengan masyarakat, mengasah empati, karakter dan sikap profesionalitas," tutur Akhmaloka dalam sesi tanya jawab tersebut. Akhmaloka berharap bahwa himpunan mahasiswa dapat melaksanakan berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. "Kami menyediakan sarana, prasarana, dan unit kesekretariatan bagi mahasiswa," tambah Akhmaloka.

Sebagai perwakilan mahasiswa yang hadir, Fajar Caesar Ramadhan (Teknik Perminyakan 2011) memiliki kesan dan memaknai bahwa kegiatan safari Ramadhan ini adalah suatu bentuk silaturahmi. Fajar menyatakan gagasanya mengenai kaderisasi sebagai jawaban keprofesian. "Saya berharap adanya suatu badan bersama antara himpunan dan rektorat yang mengawasi dan menjadi pengawas bagi setiap kegiatan himpunan, sehingga diharapkan himpunan mampu mencetak alumni yang baik dan berkualitas," tutur Fajar. Disisi lain, Reza Ervin Adytia (Teknik Metalurgi 2011) menyatakan apresiasi atas silaturahmi dalam bentuk safari Ramadhan ini. Ervin berharap adanya kegiatan serupa yang membahas permasalahan kemahasiswaan namun dengan waktu yang lebih lama dan lebih intens.