Galeri Soemardja Pamerkan Karya Seniman Dunia

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai perguruan tinggi yang menjunjung pilar seni, ITB kerap menyelenggarakan pameran karya seni yang mengundang banyak perhatian. Untuk ketiga kalinya, ITB melalui Galeri Soemardja bekerja sama dengan Kedutaan Besar Meksiko untuk Indonesia serta didukung oleh Badan Pengembangan Internasional Meksiko (AMEXCID) mempersembahkan sebuah pameran patung karya Jorge Marin. Pameran yang dibuka pada Kamis (19/06/14) dan akan ditutup pada Rabu (03/07/14) tersebut bertajuk "The Body As A Landscape", dan menghadirkan delapan belas patung unik berbentuk manusia yang merupakan karya Jorge Marin dalam dua dekade terakhir. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh H.E. Melba Pria (Duta Besar Meksiko untuk Indonesia).

"Pameran ini adalah koleksi yang luar biasa, terbuat dari potongan-potongan indah yang terpahat dengan bahan perunggu karya seniman patung asal Meksiko, Jorge Marin. Kesan yang ditimbulkan oleh perunggu terpancar melalui warna keemasan yang menghadirkan kesan kosmik," tutur Melba Pria dalam pembukaan acara tersebut. Jorge Martin merupakan pematung terkemuka Meksiko dengan karya patungnya yang unik dan menimbulkan kesan tegas, kokoh, dan menghadirkan suasana khas Meksiko melalui warnanya.

Karya Jorge Marin dalam pameran kali ini adalah patung konvensional. Patung perunggu yang menampilkan bentuk figur, dan diletakkan di atas base. Karya tersebut tidak hanya menampilkan hasil pengerjaan detail melalui penguasaan teknik saja, melainkan turut menghadirkan perpaduan atara kesan sifat perunggu yang menampilkan perpaduan antara gestur, posisi yang dinamis, dan luwes. "Terdapat dualisme kesan yang terpancar melalui patung-patung tersebut, yaitu kesan tegas dan kedinamisan," tambah Melba Pria.

Patung-patung Jorge Marin merupakan alegori tentang manusia dan kompleksitas segala kompleksitas di dalamnya yang digambarkan melalui subjek bertemakan balance, concentration, dan meditation dengan tubuh manusia sebagai poros utamanya. Jorge Marin merupakan salah satu eksponen utama dalam seni figuratif kontemporer.

Pameran ini merupakan kesempatan yang langka, karena karya Jorge Marin biasanya hanya dipamerkan di negara-negara Amerika, Eropa, dan beberapa negara Asia. Untuk Indonesia, Galeri Soemardja terpilih sebagai tempat yang sesuai untuk memamerkan karya pematung yang telah bergelut selama dua puluh lima tahun di bidang tersebut. "Pameran ini juga merupakan wujud persahabatan kedua negara melalui asas timbal balik yang lebih baik, serta seni telah menjadi bukti efektif yang mengkomunikasikannya," tambah Melba Pria.


scan for download