Rayakan Ramadhan Sejuta Inspirasi di Masjid Salman ITB

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Semarak Ramadhan menjadi momen istimewa dan ditunggu-tunggu termasuk bagi umat Muslim di lingkungan kampus ITB. Panitia Pelaksana Program Ramadhan (P3R) 1435 H siap menyelenggarakan berbagai acara di bulan Ramadhan untuk civitas academika ITB dan masyarakat umum di sekitar ITB. Masjid Salman ITB yang merupakan pelopor masjid kampus di Indonesia dari tahun ke tahun memang selalu mengadakan kegiatan yang unik dan beraneka ragam sebagai sarana ibadah bagi jamaah. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah "Ramadhan Sejuta Inspirasi".

Menghadirkan Tokoh-Tokoh Inspiratif

Ramadhan Great Meeting (Ragam) akan diadakan di Aula Barat Kampus ITB Ganesha pada Minggu (06/07/14). Tema  yang diangkat adalah "Peran Teknologi terhadap Kemakmuran Umat". Pembicara yang akan hadir adalah Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI), Dr. Ir. Agung Harsoyo, M.Sc., M.Eng. (Pakar Digital), Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D. (Pakar IT), Prof. Hermawan K. Dipojono, Ph.D. (Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dirjen Dikti, Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia).

Khusus untuk kaum hawa, P3R mengadakan Jasmine, sebuah talkshow dengan tema "Moslema Beauty Inside Out" yang akan meredefinisi serta meluruskan pemahaman muslimah mengenai "cantik" di era modern ini. Acara ini akan dihadiri oleh 3 pembicara, yaitu Meyda Sefir (aktris dan penulis buku Hujan Safir), Mentari Mustaqimp (penulis buku Menyingkap Cahaya Mentari), dan Hj. Netty Heryawan (istri Gubernur Jawa Barat). Jasmine akan berlangsung di Aula Timur Kampus ITB Ganesha pada Sabtu (05/07/14).

Tidak kalah menarik, Inspiration Day yang akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (12-13/07/14) menghadirkan pembicara-pembicara yang telah melakukan kontribusi positif bagi lingkungannya masing-masing, yaitu Gamal Albinsaid (pendiri Klinik Asuransi Sampah dan Tokoh Perubahan Republika 2013), Ustadz Fadlan Garamatan (pendakwah hingga pelosok bumi papua, Tokoh Perubahan Republika 2011), Ridwansyah Yusuf Achmad (Co-founder Bandung Strategic Leadership Forum, mantan Ketua PPI Belanda), dan Prof. Hermawan K. Dipojono (mantan Dekan FTI ITB yang sekarang menjabat sebagai Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti).

Nyamannya Beribadah di Salman

P3R juga mempunyai program pelayanan jamaah. Tiap hari Masjid Salman akan mengadakan sholat tarawih dan menghadirkan penceramah baik itu dosen ITB maupun tokoh-tokoh lokal. Pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, panitia juga menggelar i'tikaf terbuka untuk seluruh jamaah Masjid Salman ITB. Jamaah yang dimaksud adalah laki-laki maupun perempuan (disediakan hijab atau pembatas) yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, serta masyarakat sekitar Masjid Salman ITB.

P3R pun turut mempersiapkan Irama yang merupakan talkshow menunggu maghrib dengan pemateri berskala nasional yang dilaksanakan 15 kali selama bulan Ramadhan. Acara ini diharapkan dapat memberikan pelayanan berupa ilmu, wawasan, dan pembinaan diri bagi jamaah di sekitar Masjid Salman ITB. Acara ini terbuka untuk seluruh komponen jamaah Masjid Salman ITB yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, serta masyarakat sekitar Masjid Salman ITB.

Untuk pembinaan khusus, P3R mengadakan PPA (Para Pencinta Al-Qur'an). Program ini bertujuan untuk mencetak para penghafal Al-Qur'an serta membangkitkan semangat untuk menghafal Al-Qur'an di kalangan umat islam dan memfasilitasi jamaah untuk membenarkan bacaan Al-Qur'an. Selain itu, diadakan pula Kampung Ramadhan untuk pelajar SMP dan SMA se-Bandung Raya. Dengan diadakannya Kampung Ramadhan, para pelajar dapat berbagi semangat dan keceriaan Ramadhan dalam meramaikan Masjid Salman dengan beraktifitas selama lebih kurang tiga hari dua malam di Masjid Salman.

Tidak Lupa Berbagi Kebahagiaan

Selama bulan Ramadhan, P3R menyediakan makanan berbuka gratis untuk jamaah. P3R juga akan mengadakan Sahur on The Road dan Ngabuburit di sekitar Bandung. Puncaknya, P3R mengadakan Indahnya Berbagi di Desa Cirungkang, Bandung Barat. Disana P3R akan membagikan 200 paket sembako, 1000 mushaf Al-Qur'an, 200 buku bacaan, dan mengadakan pasar murah, pengobatan gratis, serta bakti sosial.

 

Foto dari berbagai sumber

scan for download