Berita / Utama

PSM ITB Kembali Selenggarakan Festival Grup Vokal

Ninik Susadi Putri - Kamis, 29 Mei 2014, 18:42:07
BANDUNG, itb.ac.id - Festival Grup Vokal (FGV) tahun ini oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB menunjukkan bahwa minat mahasiswa ITB terhadap seni tarik suara cukup tinggi. Acara yang dikhususkan untuk internal kampus ITB ini diselenggarakan pada Sabtu (24/05/14) bertempat di Galeri Campus Center Timur ITB. Melihat kesuksesan yang diraih oleh FGV pada tahun sebelumnya dan antusiasme dari mahasiswa ITB dalam berkontribusi pada acara ini, menjadi alasan bagi Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB untuk kembali menyelenggarakan FGV yang kedua kalinya.

FGV kali ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara dari Festival Paduan Suara (FPS) ITB yang akan diselenggarakan pada tahun 2015. Pada kali pertama, acara ini diselenggarakan untuk menyambut Dies Natalis PSM ITB dua tahun yang lalu. "Massa kampus cukup antusias mengikuti acara FGV ITB ini," tutur Anindya Putri Melati selaku Sekretaris Jendral FPS ITB.
Peserta acara FGV ITB kali ini terdiri dari tiga belas himpunan mahasiswa ITB dan juga dua fakultas. Antusiasme mahasiswa tidak hanya terlihat dari peserta FGV ITB, tetapi juga dukungan dari setiap peserta yang menyaksikan dan mendukung peserta unggulannya walaupun acara ini diadakan pada hari libur. "Saya cukup senang acaranya ramai dikunjungi dan antusias dari massa kampus ITB cukup besar," ucap Anindya.


Tim juri yang dipercaya untuk kompetisi FGV kali ini terdiri dari tiga orang salah satunya adalah Gordon 'T-Five' sebagai juri tamu. Juara FGV ITB kali ini diraih oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi Pangripta Loka (HMP) pada posisi Juara I, Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) pada Juara II, dan Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) sebagai Juara III. Selain itu, masih terdapat Keluarga Mahasiswa Teknik Industri yang berhasil meraih Juara Favorit FGV ITB. Penilaian tidak hanya berdasarkan kualitas vokal saja, tetapi penilainan kekompakan penampilan turut menjadi pertimbangan juri.

FPS ITB, festival paduan suara tertua di Indonesia, merupaka acara rutin yang diadakan oleh PSM ITB. Festival ini diisi dengan kompetisi paduan suara se-Indonesia yang dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga umum. FPS ITB  menjadi barometer perkembangan paduan suara Indonesia dan telah berkembang menjadi festival skala Internasional. Pada FPS ITB selanjutnya akan diadakan ITB International Choir Competition (IICC) kedua yang akan digelar pada awal tahun 2015 mendatang. FPS ITB akan diselenggarakan pada Rabu (28/01/15) sampai dengan Minggu (01/02/15) Februari mendatang. Sedangkan untuk IICC akan diselenggarakan pada Senin sampai dengan Sabtu (03-07/02/15) Februari mendatang.

PSM-ITB sampai saat ini merupakan salah satu unit rumpun seni dan budaya ITB yang telah banyak mengukir prestasi baik nasional sampai dengan internasional. Antara lain  Juara I Kompetisi Paduan Suara Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2001 hingga tahun 2009 dalam beberapa kategori juara di kompetisi 48th International Choral Competition "C.A. Seghizzi", Gorizia, Italia.