Sabet Lima Emas, ITB Raih Juara Umum pada ONMIPA-PT 2014

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kontingen ITB pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tingkat Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) kali ini berhasil meraih Juara Umum dengan menyabet lima emas, lima perak, dan delapan perunggu, serta dua gelar 'Honorable Mention'. Acara yang digelar pada Senin sampai dengan Jumat (21-25/05/14) ini diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, dan bertempat di Hotel Grand Candi. Seperti tahun sebelumnya, ONMIPA PT kali ini terbagi menjadi empat bidang yaitu bidang Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Peserta kontingen ITB yang berhasil meraih Honorable Mention ini adalah Dian Sito Rukmi (Matematika 2011) dan Ahmad Munjin (Mikrobiologi 2011).

Total peserta dari kontingen ITB yang mengikuti OMIPA PT tahun ini sebanyak dua puluh delapan peserta, untung masing-masing bidang terdapat tujuh peserta. Dian sendiri merupakan peserta kontingen ITB untuk bidang Matematika. Peserta kontingen ITB tahun ini juga lebih banyak dari tahun lalu. Untuk persiapannya sendiri, Dian mengaku bahwa persiapan menghadapi ONMIPA PT ini mulai intensif pada dua bulan sebelum hari-H olimpiade. Sebelumnya, Dian juga pernah mengikuti kompetisi ilmiah serupa seperti OSN Pertamina dan Sains Proyek ITB. Untuk bidang matematika sendiri, keduapuluh lima peserta yang meraih penghargaan termasuk peraih 'Honorable Mention' berhak mengikuti seleksi untuk kompetisi bergengsi selanjutnya, International Mathematical Competition XXI yang diselenggarakan pada akhir Juli mendatang di Blagoevgrad, Bulgaria.

ITB berhasil meraih juara umum merupakan hal yang tidak disangka-sangka oleh Dian. Pasalnya, soal-soal yang diujikan pada tahun ini bisa dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan soal- soal tahun lalu, namun peraihan nilai peserta menaik jika dibandingkan tahun lalu seperti yang disampaikan oleh Illah Sailah selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi usai menyerahkan medali emas.

Sejumlah sepuluh soal dengan tipe essay dan pemahaman komprehensif diujikan dalam dua hari. "Selain itu, yang menjadi pengalaman paling berkesan adalah saya baru pertama kali ini mengikuti ONMIPA PT, berkesempatan untuk berkompetisi dengan berbagai universitas-universitas lain bahkan dengan UI dan UGM, serta mampu meraih juara merupakan hal yang paling berkesan," ujar Dian.

Dengan peraihan ITB sebagai juara umum ONMIPA PT tahun ini, Dian berharap semoga pada tahun depan ITB mampu mempertahankan dan meningkatkan perolehan prestasinya dengan persiapan yang lebih matang, tidak hanya untuk ONMIPA PT tahun depan namun juga untuk berbagai kompetisi lainnya seperti OSN Pertamina. "Semoga dengan predikat Juara Umum ONMIPA PT kali ini dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman lainnya, bahkan untuk jurusan di luar Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti kompetisi ONMIPA PT. Harumkan nama ITB di berbagai kompetisi yang kalian ikuti," ucap Dian menutup wawancara.

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi  Bijak Riyandi A.


scan for download