Tingkatkan Kualitas Mahasiswa ITB dengan Seminar Teknik Persentasi dan Komunikasi Efektif

Shabrina Salsabila - Minggu, 13 April 2014, 21:31:23 Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - Guna memenuhi kebutuhan mahasiswa ITB akan peningkatan soft skills yang termasuk diantaranya adalah kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan persentasi, Lembaga Kemahasiswaan ITB (LK ITB) bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) menyelenggarakan seminar yang bertajuk 'Teknik Persentasi dan Komunikasi Efektif'. Empat ratus mahasiswa yang terdiri dari berbagai angkatan dan program studi mengikuti seminar yang diselenggarakan pada Sabtu (12/04/14) ini dengan sangat antusias. Seminar ini berlangsung sejak pukul 08.30 hingga 15.30 WIB di Galeri Campus Center Timur ITB.

"Berdasarkan hasil survey ITB Career Center kepada perusahaan-perusahaan yang menggunakan lulusan ITB sebagai tenaga kerjanya diketahui bahwa kemampuan analisis dan bekerja secara mandiri lulusan ITB sangat memuaskan, namun sayangnya hal tersebut berbanding terbalik dengan kemampuan soft skill yang dinilai masih belum memuaskan. Padahal sebentar lagi kita akan menghadapi persaingan di AEC pada tahun 2015," ujar Dr. Eng. Sandro Mihradi. Hal tersebut lah yang melatarbelakangi dipilihnya tema teknik presentasi dan komunikasi efektif sebagai seminar yang pertama kalinya diadakan oleh BCA di ITB sebagai salah satu program corporate social responsibility (CSR).

Pada sesi pertama materi mengenai teknik presentasi disampaikan oleh Hendra Tan dari BCA Learning Center yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun memberikan pelatihan kepada karyawan BCA. "Pada intinya yang harus dikuasai dalam melakukan persentasi itu hanya tiga hal, yaitu diri sendiri, penonton, dan konten presentasinya," ujar Hendra. Dengan gaya penyampaian yang khas anak muda berhasil membuat para peserta mengikuti acara dengan antusias.

Tak kalah menarik dengan materi yang disampaikan pada sesi pertama, sesi kedua yang dibawakan oleh Subagyo, trainer komunikasi profesional, juga berhasil mendapatkan perhatian penuh seluruh peserta. Dengan sentilan humor yang cerdas Subagyo berhasil menyampaikan materi dengan menarik dan mengundang gelak tawa para peserta. "Kebanyakan komunikasi yang kurang baik itu terjadi karena adanya perbedaan pandangan dan karakter dari manusia," ujar Subagyo. Oleh karena itu dalam seminar ini Subagyo berbagi ilmu mengenai bagaimana cara mengenali orang lain berdasarkan cara otaknya bekerja. "Dengan mengetahui kepribadian dan pola pikir diri sendiri dan orang lain tentunya kita dapat lebih mudah berkomunikasi dengan efektif," ujarnya.

Setelah seluruh materi disampaikan acara pun ditutup kembali oleh Dr. Eng. Sandro Mihradi sebagai perwakilan dari LK ITB. "Kami harap materi yang disampaikan pada acara ini dapat diaplikasikan secara langsung di wadah-wadah pengembangan diri yang sangat banyak tersedia di kampus ini, seperti unit kegiatan mahasiswa dan organisasi lainnya," tutup Sandro.