Aplikasikan Materi Kuliah, Mahasiswa SBM ITB Tampilkan Pertunjukan Memukau

By Shabrina Salsabila

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebuah penampilan yang sangat memukau kembali disuguhkan oleh mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dalam Opera and Drama Inspired by SBM for Education and Charity (ODDISEY) selama empat hari berturut-turut pada Jumat-Senin (28-31/04/14) di Taman Budaya Jawa Barat. ODDISEY merupakan kegiatan tahunan sejak tahun 2005 sebagai proyek dari mata kuliah Manajemen Praktis dan Leadership di SBM ITB.

Dalam mata kuliah tersebut Manajemen Praktis dan Leadership mahasiswa diwajibkan untuk membuat acara sebagai media untuk mempraktikkan ilmu manajemen dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan nyata sekaligus menangani kendala dan risikonya. Sesuai dengan namanya, keuntungan dari acara ini akan disumbangkan kepada yayasan sosial.

"Kami harap dengan adanya proses pembelajaran dari konflik-konflik yang ada pada penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat meningkatkan sensitivitas mahasiswa sehingga selalu termotivasi untuk menjadi pribadi yang berpengaruh di masyarakat," ujar Prof. Togar M. Simatupang saat membuka penampilan ODDISEY 2014 hari ketiga.

Pada ODDISEY 2014 ini ditampilkan dua buah pertunjukkan opera dan drama yang bertemakan dua tokoh pada mitologi Yunani, yaitu Hercules dan Medusa. Hercules yang ditampilkan terlebih dahulu pada Jum'at-Sabtu (28-29/04/14) mengisahkan kehidupan Hercules sebagai manusia setengah dewa yang jatuh cinta pada ibu tirinya sendiri dan bertempur melawan kekuatan iblis yang ingin merebut Olympus. Selanjutnya pada hari ketiga dan keempat mengisahkan Medusa yang berusaha untuk membalaskan dendamnya pada manusia.

Kisah mitologi Yunani tersebut diinterpretasikan dalam 3 nomor pertunjukkan yaitu Body Performance, Romance Fantasy, dan Mimesis Show. Kedua penampilan tersebut dibawakan dengan sangat apik dan menarik. Tak hanya manajemen penampilan yang baik, tata pencahayaan serta koreografi dan alur cerita dibawakan secara profesional oleh seluruh pemain yang seluruhnya merupakan mahasiswa SBM ITB. Di akhir pertunjukkan penonton diminta untuk memberikan nilai bagi acara tersebut sebagai dasar dari penilaian mata kuliah Manajemen Praktis dan Leadership.

Berikut adalah beberapa dokumentasi selama pementasan ODDISEY 2014 berlangsung.