Lokakarya dan Pameran Ekspedisi Pelita Muda: Sebarkan Semangat Pergerakan Mahasiswa ITB ke Seluruh Penjuru Indonesia

Oleh Akbar Syahid Rabbani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ekspedisi Pelita Muda pertama yang diselenggarakan oleh Kabinet Pelita Muda telah memasuki fase akhir. Namun, bukan berarti semangat untuk melakukan pergerakan ke berbagai penjuru Indonesia akan berakhir pula. Semangat inilah yang tercermin dalam pameran dan lokakarya Ekspedisi Pelita Muda pada Minggu - Rabu (16-19/03/14) di Campus Center Timur (CC Timur) dan Perpustakaan Pusat ITB. Melalui acara pameran dan lokakarya tersebut, Kabinet Pelita Muda ingin memberikan inspirasi untuk terus berkarya kepada mahasiswa ITB khususnya dan seluruh pemuda Indonesia pada umumnya.
Lokakarya Ekspedisi Pelita Muda digelar pada Minggu (16/03/14) di CC Timur dengan 3 acara utama, yaitu diskusi panel dengan topik "Sumba & Siberut: Dua Eksotisme Budaya ditengah Peradaban Modern", pemutaran video dokumentasi perjalanan dan workshop pembuatan video dokumentasi serta roadshow pendidikan dasar Wanadri 2014. Pada acara diskusi panel dibahas permasalahan dan potensi yang terlihat dari Pulau Sumba dan Pulau Siberut. Setelah itu, pada acara pemutaran video dokumentasi perjalanan, disajikan video yang merangkum perjalanan, tantangan dan cara bertahan hidup para peserta Ekspedisi Pelita Muda saat berada di kedua pulau tersebut. Acara terakhir pada lokakarya Ekspedisi Pelita Muda adalah workshop pembuatan video dokumentasi yang membahas hal-hal penting saat pembuatan video dilakukan dan penyebaran informasi pendidikan dasar Wanadri tahun 2014 pada September - Agustus mendatang.

Penyelenggaraan pameran Ekspedisi Pelita Muda pada Senin - Rabu (17-19/03/14) tidak kalah menarik dengan lokakarya Ekspedisi Pelita Muda. Pada pameran tersebut, mahasiswa ITB dapat melihat foto, video dan cinderamata yang diberikan masyarakat Pulau Sumba dan Pulau Siberut kepada ekspeditor. Selain itu, mahasiswa yang hadir pun dapat memberikan testimoni, harapan, saran dan kritik untuk penyelenggaraan Ekspedisi Pelita Muda selanjutnya. "Ekspedisi ini adalah ekspedisi ilmiah yang bertujuan untuk melakukan community development di daerah tertinggal melalui penyaluran teknologi tepat guna oleh mahasiswa ITB. Kami berharap acara ini akan terus dilanjutkan oleh mahasiswa ITB di masa yang akan datang," kata Nyoman Anjani (Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2013/2014 dan Penggagas Gerakan Ekspedisi Pelita Muda)

scan for download