Berita / Utama

Juarai Kompetisi Bisnis Nasional, Mahasiswa ITB Kembali Torehkan Prestasi

Ninik Susadi Putri - Jumat, 21 Maret 2014, 16:54:38
BANDUNG,itb.ac.id - Mahasiswa ITB kembali menorehkan prestasi dalam kompetisi bisnis berskala nasional. Kali ini, mahasiswa ITB berhasil mendapatkan juara kedua, juara ketiga, serta juara harapan satu dalam National Business Challenge Competition (NBCC). NBCC yang diadakan oleh Universitas Indonesia (UI) merupakan sebuah kompetisi dimana para peserta dituntut untuk dapat memecahkan permasalahan yang dialami oleh sebuah perusahaan yang sedang mengalami krisis. Para peserta berasal dari mahasiswa dari berbagai universitas dan institut di seluruh Indonesia. Kegiatan perlombaan ini diselenggarakan mulai awal Januari hingga babak final di awal Maret.

Pada babak penyisihan, peserta diminta untuk membuat paper mengenai penyelesaian kasus dari sebuah perusahaan. Terdapat 10 tim yang berhasil lolos pada babak ini. Para peserta kompetisi yang berhasil lolos mengikuti seleksi selanjutnya di kampus UI Depok. Babak semifinal akhirnya meloloskan 3 tim dari ITB untuk maju ke final, diantaranya Christeven (Teknik industri 2012), Belinda (Teknik industri 2012), dan Abdi Setya Prakoso (Sekolah Bisnis Manajemen 2012 ) serta  Tarida Angela (Manajemen Rekayasa Industri 2012), Moza Adhidarma (Manajemen Rekayasa Industri 2012), dan Desyta (Manajemen Rekayasa Industri 2012). Christeven dan kawan-kawan berhasil meraih juara ke-2, sedangkan juara ke-3 berhasil direbut Tarida dan kawan-kawan.

Pada babak final, peserta diharuskan melakukan presentasi kepada pakar entreupreneur dan perwakilan perusahaan yang kasusnya akan dipecahkan. Kasus yang diangkat pada kompetisi kali ini adalah mengenai salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang sedang mengalami krisis. Peserta melakukan analisis untuk mengetahui apa permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut. "Kami membuat dua strategi bisnis baru dan cara marketing yang belum dicoba oleh perusahaan," tutur Moza.  Strategi yang dibuat dari hasil riset yang diperoleh dari berbagai sumber.
"Kami banyak belajar dan pengalaman baru juga dapat banyak teman baru," tambah Tarida. Pengalaman yang didapat juga diperoleh dari hasil konsultasi dengan para senior sehingga menjadikan motivasi untuk terus belajar. "Harapannya jangan takut untuk mencoba. Hal yang terpenting adalah adanya keinginan untuk belajar, sedangkan menang atau kalah adalah bonus dari kerja keras," tutur Tarida di akhir wawancara.

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi