Berita / Utama

Integrated Company Days 2014: Kenalkan Mahasiswa Dunia Kerja MIGAS

Bangkit Dana Setiawan - Senin, 17 Maret 2014, 23:14:37
BANDUNG, itb.ac.id - Pada Jumat-Sabtu (14-15/03/14) Society of Petroleum Engineers (SPE) ITB mengadakan Integrated Company Days 2014  yang bertempat di Galeri Campus Center Timur dan Ruang Seminar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Acara ini diadakan dengan tujuan mengenalkan dunia kerja pada perusahaan-perusahaan Minyak dan Gas bumi (MIGAS) kepada para mahasiswa yang tertarik untuk meniti karir di bidang MIGAS. Jumlah peserta yang hadir dalam acara ini kurang lebih dua ratus peserta setiap harinya. Peserta Integrated Company Days 2014 ini tidak hanya berasal dari ITB, tetapi juga dari luar ITB seperti mahasiswa dari univeritas di Malaysia yang turut hadir sebagai peserta dalam acara ini.

Integrated Company Days merupakan salah satu rangakaian dari acara besar yang diadakan oleh SPE ITB, yakni Integrated Petroleum Week (IPW) 2014. Lebih dari 6 perusahaan MIGAS ternama hadir dalam acara ini. Perusahaan MIGAS yang hadir dalam acara ini merupakan perusahaan yang sudah memiliki prestige baik di Indonesia maupun di mata Internasional.

Acara ini berlangsung selama dua hari dengan fokus yang berbeda pada setiap harinya. "Acara ini memang sengaja dibuat dua hari, supaya pesan yang kami harapkan lebih tersampaikan dan lebih fokus pada setiap jenis perusahaan yang hadir," jelas Alpin (Teknik Perminyakan 2011). Hari pertama ini diisi oleh perusahaan service company, seperti Schlumberger, Weatherford, dan Halliburton. "Dan pada hari kedua, perusahaan yang akan mengisi acara ini adalah oil company seperti Chevron dan Total," tambah Gloria (Teknik Kimia 2011). Perusahaan-perusahaan yang mengisi acara ini akan menyampaikan mengenai profil perusahaan, career path serta mekanisme penerimaan di masing-masing perusahaan.

"Selain sesi seminar, kami juga mengadakan sesi expo perusahaan," tutur Alpin. Pameran yang menyediakan stand-stand perusahaan MIGAS ini merupakan salah satu sesi dari acara Integrated Company Days 2014 ini. Pameran ini diadakan supaya para peserta dapat menggali informasi lebih personal. "Dalam pameran, para peserta yang ingin menaruh CV juga bisa," tambah Alpin.

 


Sekilas Tentang IPW 2014

Setiap tahunnya SPE ITB mengadakan beberapa rangkaian acara yang tergabung dalam IPW.Tidak terkecuali pada tahun 2014 SPE kembali mengadakan IPW 2014 yang terdiri dari beberapa rangkaian acara yakni Grand Seminar dengan tema "International Energy Diversification", Integrated Company Days 2014, serta International Oil Rig Competition. Sasaran dari IPW 2014 bukan hanya mahasiswa ITB saja, melainkan terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia, bahkan ada beberapa mahasiswa luar negeri yang turut menjadi peserta IPW 2014 ini.

 
Sumber Gambar: Dokumentasi Panitia Integreated Petroleum Weeks 2014