Berita / Utama

Seminar Creativepreuneur Kenalkan Wirausaha Kreatif kepada Mahasiswa

Annisa Mienda - Senin, 17 Februari 2014, 23:48:24
BANDUNG, itb.ac.id-Kabinet Mahasiswa ITB menyelenggarakan seminar kewirausahaan di Perpustakaan Pusat pada Jumat (14/02/14). Seminar yang bertajuk Creativepreuneur ini berlangsung dari pukul 15.00-18.00 dengan menghadirkan dua pembicara yakni pendiri Mahanagari, Ben Wirawan dan CEO Tinker Games, Muhammad Ajie Santika. Seminar Creativepreneur merupakan salah satu rangkaian pre-event dari acara puncak, ITB Entrepreneur Festival 2014 (E-Fest) yang akan berlangsung pada Minggu (23/02/14) mendatang.

Sheila Amalia (Arsitektur 2012) selaku ketua panitia acara menuturkan bahwa penyelenggaraan Creativepreneur bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa ITB, mengenai konsep kewirausahaan kreatif. Terlebih lagi, di masa kini kewirausahaan kreatif berkembang dengan pesat, misalnya di bidang fashion dan kuliner. Dengan diselenggarakannya Creativepreneur, diharapkan para mahasiswa tergerak untuk mengetahui lebih dalam maupun terjun langsung ke dalam bidang kewirausahaan. Animo mahasiswa terhadap acara ini juga cukup tinggi. Peserta seminar tak hanya datang dari ITB, namun juga dari beberapa universitas lain seperti Uiversitas Padjadjaran dan Universitas Parahyangan. Selama seminar berlangsung, sekitar 100 peserta yang hadir diberikan pengetahuan mengenai mendirikan dan menjalankan bisnis. Mereka juga dibekali berbagai pengalaman kreatif para pembicara selama berbisnis. Selain edukasi, acara ini diselenggarakan untuk memberikan peluang kepada mahasiswa ITB yang telah memiliki bisnis untuk memasarkan bisnisnya di Expo pada acara puncak.

Tingkatkan Kewirausahaan lewat E-Fest


Seminar Creativepreneur merupakan satu dari tiga rangkaian pre-event untuk menyambut E-Fest, festival kewirausahaan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Tahun ini merupakan tahun pertama diselenggarakannya E-Fest. Pada acara puncak yang berlangsung pada 23 Februari ini, akan diadakan pameran bisnis mahasiswa dan grand seminar yang mempertemukan para mahasiswa dengan investor. Penyelenggaraan E-Fest berfokus pada pengembangan berbagai bisnis yang telah dimiliki dan dijalankan oleh mahasiswa ITB.

Sheila berharap penyelenggaraan serangkaian pre-event dan E-Fest nantinya dapat membuat mahasiswa mengenal entrepreuneurship lebih dalam. Ia juga berharap agar lebih banyak lagi mahasiswa yang terpicu untuk terjun ke bidang kewirausahaan. Selain itu, rangkaian acara kewirausahaan ini dapat dikatakan sebagai wadah pengembangan mahasiswa agar semakin siap dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) yang akan diberlakukan pada 2015 mendatang.

Info lebih lanjut mengenai E-Fest dapat diakses melalui akun twitter @entfestival dan website Keluarga Mahasiswa ITB di kewirausahaan.km.itb.ac.id/e-fest.

Dokumentasi Panitia E-Fest 2014