FSL Comlabs ITB Kenalkan Aplikasi Wolfram Mathematica

Oleh Neli Syahida

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait perkembangan teknologi informasi terkini, Comlabs ITB yang bergerak di bawah Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB kembali menggelar Free IT Saturday Lesson (FSL) pada Sabtu (15/02/14) di Gedung Comlabs ITB pukul 08.00 - 12.00. Seminar bertemakan "Wolfram Mathematica: The Ultimate Computational Tool" ini mengenalkan aplikasi perhitungan canggih bernama "Mathematica" yang langsung disampaikan oleh Ruben Garcia Berasategui, instruktur resmi Wolfram Mathematica. Mulai dari perusahaan - perusahaan Fortune 500, departemen pemerintahan, hingga ribuan universitas di seluruh dunia telah memanfaatkan aplikasi ini sebagai penunjang proyek - proyek mereka.

Dalam FSL kali ini Ruben yang juga merupakan perwakilan Nabenta Indonesia, distributor Wolfram untuk Indonesia, menyampaikan pentingnya penggunaan matematika untuk dunia industri, pendidikan, dan penelitian. Kini, mengembangkan pola pikir kita dengan memahami matematika menjadi lebih penting daripada sekadar menghafal rumus - rumusnya sehingga penguasaan konsep dan aplikasi matematika perlu lebih difokuskan dibandingkan mekanisme kalkulasinya sendiri. Oleh karena itu, Mathematica hadir untuk mempermudah siapa pun yang ingin menggunakan matematika dalam mensimulasikan ide - ide mereka.

Untuk pengoperasiannya, aplikasi ini mempunyai tampilan yang interaktif dengan tiga sistem pengoperasian yang mudah. Pertama, pengguna bisa langsung mengetikkan pertanyaan matematika dalam bahasa Inggris dan Mathematica akan memberikan jawabannya berdasarkan data statistik dari berbagai organisasi internasional melalui koneksi internet. Sistem yang kedua disebut palletes, pengguna memilih daftar fungsi yang ingin digunakan pada menu yang telah disediakan. Terakhir, pengguna bisa mengetikkan sendiri pertanyaannya sesuai dengan bahasa matematika yang benar berdasarkan ketentuan - ketentuan penulisan yang ada.

Selanjutnya, Ruben juga menunjukkan berbagai hal yang bisa dihasilkan dengan menggunakan aplikasi ini. Mulai dari perhitungan fungsi - fungsi sederhana hingga algoritma pemrograman yang kompleks dengan pemodelan 2D, proyeksi 3D, hingga image recognition bisa dihasilkan dengan aplikasi ini. Tidak hanya hasil akhir, dengan fitur "step-by-step solution" mahasiswa bisa menggunakannya untuk mempelajari sendiri tahapan kalkulasi dalam matematika. Dengan perhitungan yang sudah dibuat sedemikian mudah inilah, aplikasi ini memfasilitasi pengajar maupun peneliti mana pun untuk mengembangkan berbagai kemungkinan yang bisa dihasilkan tanpa terlalu memusingkan kerumitan perhitungan yang ada di dalamnya.

Kini, civitas akademika ITB juga sudah bisa memanfaatkan aplikasi yang canggih ini. Mahasiswa ITB bisa menggunakan dan mempelajarinya dengan mengunduhnya langsung di ftp yang telah disediakan melalui koneksi di dalam kampus. Sebelumnya, Comlabs ITB juga telah mengadakan pelatihan penggunaan Wolfram Mathematica untuk 15 dosen pengajar dari berbagai kelompok keahlian di ITB. Melalui pelatihan tersebut diharapkan aplikasi ini dapat berguna dalam menunjang pengembangan penelitian dan pengajaran matematika, khususnya di ITB.

Oleh: Bayu Rian Ardiyansah


scan for download