Forum Bidik Misi: Turut Serta Membangun Profil Karakter Mahasiswa ITB

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Bidik Misi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2010. Begitu pula di ITB, angkatan 2010 adalah angkatan pertama yang dapat menikmati program ini. Pada saat itu, mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi membutuhkan sebuah wadah dimana mereka bisa mendapatkan informasi dan konsultasi tentang keberlangsungan program. Untuk itu, atas inisiasi Darmadi (Teknik Geologi 2010) dan kawan-kawan, dibentuklah Forum Bidik Misi ITB.

"Seluruh penerima Bidik Misi dari angkatan pertama (2010-red) sampai angkatan 2013 adalah anggota Forum Bidik Misi. Untuk kepengurusan, setiap tahun diadakan open recruitment yang dapat diikuti oleh seluruh anggota," jelas Roby Yundar Wijanarko (Teknik Mesin 2011), Ketua FBM ITB.

Berdasarkan keterangan dari Andi Kuswoyo (Teknik Penerbangan 2011), Kepala Divisi Kementerian Komunikasi dan Informasi Forum Bidik Misi (Kadiv Kominfo FBM), FBM dirancang sebagai sebuah forum komunikasi antarpenerima beasiswa Bidik Misi. Selain itu, FBM ITB menjalankan koordinasi dengan Lembaga Kemahasiswaan (LK), khususnya bagian Pembina Bidik Misi dan Pengembangan Karakter. Bagian Pengembangan Karakter LK adalah tim konseptor strategi pengembangan diri mahasiswa ITB, sedangkan FBM ITB sendiri adalah eksekutor atau penggerak dari kegiatan-kegiatan pengembangan diri untuk penerima beasiswa Bidik Misi.

Ada berbagai macam kegiatan yang diadakan oleh FBM ITB. Selama tahun kepengurussan 2013/2014, FBM ITB telah mengadakan Character Building Training (September 2013), Pelatihan PKM untuk mahasiswa tahun dua hingga akhir (Oktober 2013), dan Seminar Kewirausahaan (Desember 2013). Selain itu, pada November 2013, FBM ITB turut serta dalam rangkaian acara Pemikat (Pekan Minat dan Bakat) yang dihadiri oleh Forum Bidik Misi se-Bandung Raya.


FBM ITB juga mendorong setiap anggota untuk aktif dalam aktivitas kemahasiswaan baik di dalam maupun di luar kampus. Banyak anggota FBM ITB yang aktif di kegiatan unit kegiatan mahasiwa, himpunan, ataupun di kegiatan-kegiatan terpusat yang diasung oleh kabinet KM-ITB. Sebagai kegiatan rutin tiap pekan, anggota FBM aktif mengikuti mentoring, bekerja sama dengan unit-unit agama di kampus. Selain kegiatan pelatihan dan pengembangan diri, FBM ITB juga mengadakan kegiatan yang fun untuk para anggotanya. Anggota FBM ITB yang berada di fakultas atau program studi yang sama juga sering mengagendakan acara keakraban seperti belajar bareng, jalan-jalan, games, dll.

Tujuan yang ingin dicapai dari penyelenggaraan kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk membangun profil karakter mahasiswa ITB di dalam diri setiap anggota FBM ITB. Terdapat lima profil karakter mahasiswa ITB, yaitu:

1.    ketuhanan; etika, moral, empati, humanis, religius, rendah hati,
2.    nasionalisme; wawasan kebangsaan, kejuangan, pengabdian, wawasan kebhinekaan, satria, pengorbanan,
3.    kepemimpinan; kepeloporan, teladan, tanggung jawab, mandiri, adil, estetika,
4.    profesional; keunggulan, kebenaran ilmiah, tekun, kreatif, inovatif, kritis objektif,
5.    integritas; kepedulian, berbudi pekerti, kebijaksanaan, kearifan, keluhuran, kejujuran.

Ada tanggung jawab moral memang yang dipikul oleh para penerima beasiswa Bidik Misi. Pemerintah telah memberikan dukungan secara finansial agar semakin banyak generasi muda Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk mengecap pendidikan di perguruan tinggi. Maka, kesempatan yang telah didapatkan oleh para anggota FBM ITB harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar suatu saat nanti mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kelima profil karakter di atas adalah nilai-nilai yang mesti dijaga oleh mahasiswa ITB termasuk anggota FBM ITB, dimulai sejak menjalani kegiatan kemahasiswaan di kampus sampai nanti ketika mereka mendapatkan amanah untuk memimpin bangsa.


scan for download