Berita / Utama

ITB Tetap Menjadi Salah Satu Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

Akbar Syahid Rabbani - Minggu, 2 Februari 2014, 19:05:32
BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, sudah seharusnya ITB terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Hal ini terlihat dari berbagai penelitian, karya dan inovasi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa ITB secara berkelanjutan. Berbagai karya yang dihasilkan, membuat ITB semakin dipandang sebagai salah satu perguruan tinggi Indonesia yang dapat terus bersaing di dunia internasional. Seiring dengan persepsi tersebut, beberapa lembaga survei internasional memberikan analisis dan penghargaan terhadap kualitas pendidikan ITB di dunia internasional, diantaranya adalah hasil survei terbaru tahun 2014 yang dilakukan oleh 4icu.org dan webometrics.com.

Menurut rilis yang dikeluarkan oleh 4icu.org, saat ini ITB berada di peringkat ke-194 dalam top 200 universities and colleges in the world. Sedangkan di peringkat lima besar, universitas-universitas yang berada di Amerika Serikat yaitu Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, Harvard University, University of California dan Cornell University masih dianggap sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia. Di kawasan Asia sendiri, ITB berada di peringkat ke-27 dalam 100 top universities and colleges in Asia. Untuk kawasan Asia, National University of Singapore (Singapura), Keio University (Japan), Tsinghua University (China), Peking University (China) dan Shanghai Jiao Tong University (China) menjadi lima perguruan tinggi terbaik di Asia berdasarkan hasil survei tersebut. Pada hasil survei 4icu.org tahun 2014 ini, ITB mengalami peningkatan peringkat yang signifikan baik di dunia maupun di kawasan Asia dibandingkan dengan tahun 2013.

Berbeda dengan hasil survey 4icu.org, lembaga survei lain yaitu webometrics.com menyatakan bahwa ITB berada pada peringkat ke-600 di dunia dan peringkat ke-108 di kawasan Asia. Dalam melakukan survei, webometrics.com menggunakan beberapa parameter yaitu Presence, Impact, Openness, dan Excellence untuk pemeringkatan sebuah universitas. Presence menunjukkan jumlah halaman web pada situs perguruan tinggi yang terindeks oleh Google. Impact diukur berdasarkan tautan eksternal yang mengarah ke situs perguruan tinggi tersebut. Openness menunjukkan jumlah dokumen yang terindeks di google scholar. Sedangkan excellence merupakan jumlah publikasi internasional berdasarkan data dari scimagojr.com yang membuat peringkat perguruan tinggi berdasarkan jumlah dan kualitas paper yang terindeks scopus.

Meskipun peringkat ITB di dunia dan di kawasan Asia yang dihasilkan dari survey 4icu.org dan webometrics.com berbeda, namun kedua lembaga survei tersebut menyatakan bahwa ITB adalah perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Hal ini terlihat dari country rank yang disajikan oleh 4icu.org dan webometrics.com, dimana ITB berada pada peringkat pertama. Tentunya hasil ini adalah sebuah tantangan bagi seluruh civitas akademik ITB untuk terus berkarya bagi bangsa Indonesia dan mencapai visi ITB untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.