Mahasiswa Informatika ITB Kunjungi Perusahaan dan Universitas di Singapura

Oleh Shabrina Salsabila

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Selama 4 hari (15-18/01/2014), sebanyak 35 orang anggota Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB beserta satu dosen pembimbing berangkat ke Singapura untuk melakukan kegiatan kunjungan ke beberapa perusahaan IT dan universitas ternama yang berada di sana. Kegiatan yang bernama Infection (Informatics Educational Vacation) 2014 ini membutuhkan waktu persiapan selama 7 bulan dengan dukungan yang kuat dari pihak fakultas dan dosen informatika. Selain mendapatkan gambaran umum dari dunia kerja dan keprofesian pada bidang informatika pada salah satu negara yang maju di Asia, peserta Infection 2014 juga mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran dengan mahasiswa yang menuntut ilmu di Singapura, baik dengan mahasiswa dari Indonesia yang menempuh pendidikan di Singapura maupun mahasiswa lokal.

Ada tiga perusahaan yang menjadi tujuan kunjungan Infection 2014, yaitu SAP South-East Asia (SEA), Indosat Singapura dan Tech in Asia. SAP SEA merupakan perusahaan yang menyediakan jasa layanan teknologi informasi untuk perusahaan di Asia tenggara, termasuk Indonesia. Dalam kunjungan ini, Chief Information Officer (CIO) SAP SEA, Mr. Manik Narayan Saha, memberikan presentasi dengan tema "A Future in Enterprise Technology". Selain itu, Mrs. Alicia Woo, Senior Manager SAP University Alliances juga memberikan presentasi dengan tema "Empowering the Millennial Generation" serta memandu peserta untuk berkeliling dalam kantor SAP SEA.

Kunjungan berikutnya adalah Indosat Singapura. Fuad Fachroeddin selaku Managing Director menjelaskan peran Indosat Singapura dan berbagi pengalamannya kepada peserta saat beliau menjabat sebagai Group Head Strategic Marketing di Indosat. Beliau juga merupakan alumni dari S2 Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB.

Karena kunjungan ke Indosat Singapura tidak diadakan di kantornya melainkan di Sekolah Indonesia Singapura (SIS), peserta Infection 2014 juga mendapatkan penjelasan dari Bapak Yaya Sutarya selaku Kepala Sekolah SIS mengenai kurikulum pendidikan di Singapura yang  sangat berbeda dengan Indonesia. Pada awal kegiatan, peserta juga mendapatkan hiburan berupa penampilan rampak gendang dan tarian tradisional yang dibawakan oleh siswa-siswi dari SIS.
 
Berbeda dengan dua kunjungan sebelumnya, pada kunjungan ketiga peserta Infection 2014 mendatangi salah satu kantor startup Singapura yang cukup dikenal di Indonesia, yaitu Tech in Asia (www.techinasia.com). Walaupun berdomisili di Singapura, Tech in Asia meliput perkembangan teknologi yang ada di seluruh Asia, termasuk tren startup yang sedang berkembang di Negara-negara tersebut. Teoh Minghao (Head of Indonesia, Business) dan Emily Goh (Singapore & Marketing) menyambut hangat kedatangan peserta di Gedung Scape yang berlokasi di Orchard Road. Melalui sesi ini, peserta mendapatkan banyak cerita mengenai dunia startup, khususnya di Singapura.
 
Selain mengunjungi perusahaan yang bergerak di bidang IT, peserta Infection 2014 juga mengunjungi universitas yang berada di Singapura, yaitu Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS). Di NTU, kunjungan peserta Infection 2014 disambut hangat oleh Pelajar Indonesia NTU (PINTU). Melalui sesi ini, anggota PINTU menceritakan tentang kurikulum dan metode penilaian dari S1 informatika di NTU yang sedikit berbeda dengan kurikulum prodi IF & STI di ITB. Selain itu, peserta juga mendapatkan informasi tentang berkarir di Singapura dan melakukan tur keliling School of Computer Engineering di NTU.
 
National University of Singapore (NUS) merupakan tempat tujuan terakhir dari kegiatan Infection 2014. Peserta disambut oleh staf akademik dari School of Computing dari NUS yang menjelaskan tentang kegiatan studi pada jenjang S2 dan S3 di universitas tersebut, khususnya di bidang Informatika. Selain itu, peserta juga dipandu oleh Perhimpunan Indonesia National Universiy of Singapore (PINUS) dan alumni informatika ITB, Christian Hadiwinoto untuk menjelajahi fasilitas yang ada di NUS, diantaranya adalah Central Library dan Stephen Riady Center.

 

Oleh: Kania Azrina (Teknik Informatika 2010)

Dok. Panitia Infection 2014


scan for download