Berita / Utama

Ratusan Massa Hadiri Pameran Riset dan Teknologi ITB

Medhira Handinidevi - Kamis, 12 Desember 2013, 19:46:59
BANDUNG, itb.ac.id - Ditengah guyuran hujan dan masa ujian akhir, civitas akademica ITB disuguhi suatu pengetahuan baru tentang penelitian terkini. Rabu - Kamis (11-12/12/13) bertempat di Galeri CC Timur ITB, sebanyak 393 riset dan produk teknologi yang dihasilkan oleh peneliti-peneliti ITB selama tahun 2013 dipublikasikan kepada seluruh civitas akademica. Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB ini mendapat perhatian baik dari kalangan mahasiswa maupun staf pengajar ITB.

Riset dan teknologi yang ditampilkan adalah hasil dari program-program  yang pendanaannya dikelola oleh ITB. Program Riset dan Inovasi Kelompok Keahlian, Peningkatan Kapasitas ITB, Riset Unggulan ITB, dan Program Unggulan Perguruan Tinggi (dana bersumber dari DIKTI) adalah program-program tersebut.

Pameran yang telah rutin diadakan oleh LPPM sejak 2010 ini terbagi menjadi dua hari. Dimana setiap harinya terdapat sekitar 196 riset yang dipublikasikan dengan media poster. Hari pertama, giliran penelitian-penelitian dari Fakultas Teknik Industri (FTI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) dan Sekolah Farmasi (SF). Selama kurang lebih 2 jam, peneliti-peneliti yang mengikuti pameran ini akan memberikan penjelasan kepada pengunjung pameran yang tengah menikmati poster-poster yang ada di Galeri CC Timur.

Pameran ini adalah suatu eksebisi kekayaan intelektual serta cerminan keragaman ilmu yang lahir di Kampus Ganesha. Mulai dari prototype, kebijakan, pemodelan hingga hak paten, semuanya adalah hasil dari kerja keras peneliti-peneliti ITB selama satu tahun ini. Sebagai insan akademis, kekayaan tersebut adalah aset bagi pengembangan-pengembangan lain yang penuh inovasi namun juga tetap menjaga keandalannya. Tentu, semua hasil riset dan penelitian ini tak boleh hanya terhenti pada lembaran poster namun juga dapat dilihat dan diaplikasikan pada kehidupan nyata.

Tentang LPPM ITB
LPPM adalah salah satu lembaga dalam struktur kantor Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi (WRRI). Misi dari lembaga ini adalah membangun akses terhadap sumber dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan serta memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat. Untuk mewujudkan misi tersebut, lembaga yang diketuai oleh Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS. ini memiliki peran untuk  menjadi penghubung antara masyarakat dengan ITB, yang berusaha menghubungkan antara permasalahan nyata di masyarakat dengan solusi yang ditawarkan oleh teknokrat ITB.