ITB Menjadi Tuan Rumah Indonesia Youth to Business Forum

Oleh Akbar Syahid Rabbani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan acara Indonesia Youth to Business (IY2B) Forum 2013 yang merupakan salah satu rangkaian acara dari Asia Pacific Leadership Summit (APLS) 2013.  IY2B Forum 2013 yang diadakan pada hari Sabtu (7/12/2013) di gedung SBM ITB adalah sebuah acara yang digelar oleh Association Internationale et Studiant Sociale Economic Commerciale (AIESEC Bandung). Acara ini diikuti oleh 250 peserta, termasuk 90 orang young leaders dari 18 negara dari Asia Pasifik.

Tema dari IY2B Forum tahun ini adalah "Asia Pacific Business 2020". Tahun 2020 adalah tahun yang diperkirakan akan menjadi momen perubahan tren bisnis dan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Dengan potensi yang dimiliki, negara-negara dikawasan Asia Pasifik berpeluang menjadi trendsetter dan memimpin perekonomian dunia.

Menurut President of APLS Committee, Gilang Wahyu, IY2B dapat menjadi momen bagi pemuda Indonesia untuk menunjukkan potensi anak bangsa dalam mengembangkan bisnis di kawasan Asia Pasifik bahkan dunia. Para peserta IY2B juga diharapkan dapat lebih mengenal perusahaan-perusahaan yang menjunjung nilai-nilai seperti striving for excellence, enjoying participation, living diversity, acting sustainably, integrity dan leadership. Oleh karena itu, pada forum ini, panitia menghadirkan pembicara dari Danone, PwC (Pricewaterhouse Coopers), Biofarma, Indosight, dan GenerasiMudaID . Perusahaan dan organisasi tersebut menjadi pembicara pada sesi Keynote Speech dan Panel Discussion.

Tren bisnis beberapa tahun ke depan akan berubah. Pemuda Indonesia perlu mengetahui kesempatan bisnis apa yang terbuka beberapa tahun ke depan. Selain itu, menurut Gilang, poin yang penting dari forum ini adalah agar para peserta memahami social responsibility yang akan mereka tanggung selama menjalankan bisnis. "Pebisnis di Indonesia harus peduli dengan lingkungan sekitar," ujar Gilang.

Pada sore hari, termasuk dalam agenda IY2B, diadakan Global Village atau festival budaya oleh para delegasi dari berbagai negara di Asia Pasifik di sepanjang boulevard kampus ITB. Disini, mereka memperkenalkan budaya dari negara asal seperti makanan khas, pakaian tradisional, dan berbagai kebudayaan menarik lainnya. Keikei, seorang pelajar berkebangsaan Malaysia, sangat menikmati kesempatan untuk memperkenalkan budaya Malaysia kepada peserta IY2B dan masyarakat Indonesia. "It's nice that I meet a lot of people from other countries. They bring many things from their countries. It's so good to know more about their culture," ungkapnya.


Oleh: Mega Liani Putri (IJA 2013)


scan for download