Berita / Utama

Dies Natalis Radio Kampus ITB: Tekankan Pentingnya Teknologi

Neli Syahida - Kamis, 14 November 2013, 23:48:02
BANDUNG, itb.ac.id - Radio Kampus Institut Teknologi Bandung (RK ITB) merayakan ulang tahun yang ke-14 dengan mengadakan Dies Natalis "Reinkarnasi" pada Sabtu (09/11/13). Acara yang bertempat di Gedung Laboratorium Teknologi (labtek) VIII Institut Teknologi Bandung ini mengusung tema futuristik. Sekitar 100 orang kru serta calon kru (cakru) RK angkatan 2008 - 2013 berpartisipasi dalam Dies Natalis ini.

Perayaan ulang tahun RK kali ini diawali dengan flash mob yang dilakukan di depan gedung labtek VIII pada pukul 16.30 WIB. Acara dibuka secara resmi dengan sambutan dari Dzikri selaku Direktur Utama RK ITB periode kepengurusan 2012/2013 dan Mukti, perwakilan alumni RK ITB yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama pada kepengurusan 2010/2012. Menjelang malam, perayaan semakin meriah dengan adanya penampilan dari kru dan cakru serta berbagai games yang menarik.

Dies Natalis ini  diselenggarakan dari RK, oleh RK, dan untuk RK dengan cakru sebagai panitia. Hilman selaku ketua acara megungkapkan bahwa tema futuristik menjadi tema acara dengan alasan untuk menonjolkan sisi teknologi dari RK sendiri. "RK ini kan basisnya teknologi, maka dari itu kami mengambil tema futuristik dimana teknologi penting bagi kehidupan manusia pada masa itu", ujarnya. Persiapan Reinkarnasi berlangsung selama sebulan dengan berbagai tantangan yang dihadapi oleh cakru. Acara ini merupakan program tahunan RK ITB yang sekaligus menjadi tugas bagi cakru.

Radio Kampus ITB telah mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak didirikan, yaitu pada 8 November 1989. Pada tahun 2010, RK meningkatkan performanya dengan membuat saluran live streaming sehingga masyarakat di luar ITB pun dapat mendengarkan siaran Radio Kampus. Selain itu, RK juga telah memiliki website yang dapat digunakan untuk mengkases fasilitas live streaming. RK juga sering mengadakan pelatihan dari luar, seperti dari radio swasta, novelis, dan lain-lain.

Pada umur RK yang ke-14 ini, Dzikri berharap agar hubungan internal RK menjadi semakin erat. Ia juga berharap agar program kerja besar RK, seperti workshop dapat segera terlaksana. Pendapat Dzikri mengenai dies natalis RK kali ini adalah, "Acaranya keren banget! Saya kagum dengan panitia yang sudah menyiapkan acara ini".

 

Oleh: Annisa Mienda C. dan Bangkit Dana Setiawan (ITB Journalist Apprentice 2013)