Berita / Profil

Ganesha Hijau ITB: Wujudkan Eco-Campus melalui Gerakan yang Kreatif dan Solutif

Akbar Syahid Rabbani - Minggu, 10 November 2013, 15:34:21
BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah perguruan tinggi yang selalu berusaha untuk mengedepankan prinsip lingkungan dalam mendidik mahasiswanya. Seiring dengan prinsip tersebut, mahasiswa ITB pun berusaha untuk ikut serta dalam membangun gerakan bersama dalam rangka mewujudkan ITB sebagai kampus yang berwawasan lingkungan (eco-campus) melalui sebuah kementrian di kabinet Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) yang bernama Ganesha Hijau.

Sebagai sebuah kementrian yang bergerak di bidang lingkungan, Ganesha Hijau memiliki misi untuk membangun sistem manajemen lingkungan yang berkelanjutan di kampus ITB yang meliputi aspek infrastruktur, kebijakan dan perilaku dari setiap elemen kampus. Selain itu, Ganesha Hijau juga diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan di luar kampus ITB. Saat ini, program Ganesha Hijau sedang berfokus kepada masalah persampahan di ITB dan pengurangan kendaraan pribadi sehingga area kampus ITB dapat digunakan dengan lebih kondusif dan representatif.

Dalam mewujudkan eco-campus, Ganesha Hijau memiliki langkah-langkah kongkret yang akan dan sedang dijalankan, salah satunya adalah forum Ganesha Hijau. Forum ini diselenggarakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan lingkungan yang ada di ITB dengan mengundang para pakar, mahasiswa dan semua stake holder yang terlibat sehingga dihasilkan sebuah solusi yang efektif dan efisien. Selain forum Ganesha Hijau, program-program yang rutin dilaksanakan oleh Ganesha Hijau adalah zero waste event, garbage for change, one paper one board, #yuknebeng dan berbagai progam kreatif lain. 


"Saya mengharapkan gerakan bersama yang disepakati oleh seluruh elemen kampus dalam rangka mewujudkan ITB sebagai kampus berwawasan lingkungan. Unit mahasiswa, himpunan mahasiswa, rektorat serta stakeholder lain harus semakin kompak untuk membuat ITB menjadi eco-campus yang seutuhnya melalui program-program yang kreatif dan solutif." kata Darmadi (Teknik Geologi 2010), Menteri Ganesha Hijau kabinet KM ITB 2013/2014.

Dalam usahanya mewujudkan eco-campus, Ganesha Hijau sadar bahwa dibutuhkan kesungguhan yang kuat serta gerakan yang bisa membawa perubahan untuk lingkungan yang lebih baik. Untuk itulah Ganesha Hijau berjanji akan terus berjuang dalam memberikan karya-karya terbaik bagi bangsa Indonesia. "Apapun passion seorang pemuda, apapun cita-cita seorang pemuda, mencintai lingkungan adalah suatu bagian dari cinta kepada Tuhan, bangsa dan almamater, maka berikan cinta terbaikmu untuk Indonesia yang lebih hijau." kata Darmadi mengakhiri wawancara.

Sumber foto: ecocampus.itb.ac.id