ITB Integrated Career Days 2013: Raih Kesempatan Kerja di Perusahaan Ternama

Oleh Nida Nurul Huda

Editor -

BANDUNG,itb.ac.id - ITB sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan ribuan lulusan tiap tahunnya dan telah memiliki banyak alumni, keberlanjutan karir sebagai profesional ataupun akademisi merupakan hal utama. ITB Career Center kembali hadir dengan Titian Karir Terpadu ITB atau lebih dikenal dengan sebutan ITB Integrated Career Days. Acara besar yang mempertemukan para pencari kerja dengan berbagai perusahaan ini diselenggarakan pada JUmat hingga Minggu, (25-27/10/13).
Terlihat berbagai mahasiswa, sarjana baru, dan profesional berpakaian rapi memadati Sasana BUdaya Ganesha (Sabuga). Tahun ini Integrated Career Days menghadirkan 76 perusahaan nasional dan multinasional dari berbagai sektor serta 10 institusi perguruan tinggi dan pemberi beasiswa.

ITB Integrated Career Days merupakan bursa kerja (job fair) terintegrasi, menggabungkan promosi, presentasi, pameran, dan aktivitas rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan, dalam satu kesatuan. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan mitra ITB dan alumni atau mahasiswa ITB, serta alumni atau mahasiswa berbagai perguruan tinggi lainnya untuk mendapatkan kesempatan kerja.

Ternyata, pengunjung ITB Integrated Career Days tak hanya sebatas mahasiswa dan sarjana ITB saja, berbagai lulusan universitas lain pun ikut bersaing dalam meraih kesempatan kerja di perusahaan ternama. Acara ini memang sangat diminati pengunjung, hari pertama sekitar 7.700 pengunjung yang berpartisipasi, hari kedua sekitar 10.500 pengunjung. "Acara ini terbuka untuk umum dan gratis bagi mahasiswa ITB atau member ITB Career Center," ujar Sari Alessandra (Recruitment and Employer Services Staff).

Stand-stand perusahaan berlomba menampilkan stand yang paling menarik untuk menjaring pengunjung. Beberapa perusahaan bahkan memiliki antrian yang cukup padat untuk men-drop CV dan mengikuti seleksi pegawai. Adapun beberapa perusahaan tersebut seperti, PT Pertamina (Persero), Chevron Indonesia, Telkom, Astra Group,Indonesia Port Corporation (PT Pelindo II), Schlumberger, dan lain-lain.

Di samping dapat mendaftar dan mengikuti seleksi langsung dari berbagai perusahaan, pengunjung juga dapat mengikuti presentasi dengan pembicara langsung dari perusahaan berkaitan. Ruang presentasi dibagi menjadi tiga ruangan, dimana setiap waktu terdapat presentasi pengenalan profil perusahaan dan proses seleksi yang dilakukan. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi para pencari kerja.

ITB Integrated Career Days merupakan agenda rutin dua kali setahun. Bagi pengunjung yang ingin mencari kerja, dapat mengujungi acara tersebut pada bulan April dan Oktober tiap tahunnya.

scan for download