Luluskan 2044 Wisudawan, ITB Gelar Sidang Terbuka Wisuda Pertama ITB 2013/2014

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

Sejumlah 2.044 mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di ITB mengikuti Sidang Terbuka ITB untuk Wisuda Pertama Tahun Akademik 2013/2014 yang dilaksanakan pada Sabtu (19/10/13). Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), pada wisuda kali ini ITB meluluskan 1.275 orang lulusan program sarjana, 737 orang lulusan program magister, dan 32 orang lulusan program doktor. Dari 2.044 wisudawan tersebut, 221 orang dari program sarjana, 104 orang dari program magister, dan 3 orang dari program doktor berhasil lulus dengan predikat cum laude.

Sidang Terbuka dimulai dengan pengambilan janji lulusan ITB dengan khidmat, diikuti dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada janji lulusan ITB, segenap wisudawan berjanji untuk mengabdikan ilmu pengetahuan serta kebajikannya, serta setia kepada watak pembangunan kesarjanaan Indonesia serta menjunjung tinggi nama baik almamter, yaitu ITB.

Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka kemudian menyampaikan sambutannya mengenai peranan sosial sarjana ipteks lulusan ITB, serta memberikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan program pendidikannya. Menurut Akhmaloka, para sarjana ipteks dapat menjadi pelaku yang penting dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas dengan ipteks yang dimilikinya. "Segenap alumni ITB maupun para insan ipteks yang lahir dari ITB merupakan unsur yang sangat penting bagi perluasan dan penguatan peranan ITB," tutur Akhmaloka.

Di akhir sambutan, Akhmaloka membacakan penghargaan yang diraih insan-insan ITB pada periode Juli hingga Oktober 2013. Penghargaan-penghargaan tersebut diperoleh baik dalam skala nasional maupun internasional.  Salah satu penghargaan bergengsi yang berhasil diraih adalah perolehan posisi 69 dalam Top 100 Universities and Colleges in Asia 2013 berdasarkan 4icu, dan posisi 81 dalam Ranking Universities in Asia 2013 menurut webometric.com. Acara dilanjutkan dengan prosesi penyampaian selamat kepada wisudawan oleh Rektor ITB dan dekan fakultas masing-masing, yang didampingi oleh ketua program studi wisudawan.

Selanjutnya, Marsha Faradina (Teknik Kimia 2009) sebagai wakil wisudawan menyampaikan kata perpisahan. Marsha menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh civitas akademika ITB, serta berpesan agar kita tetap bermimpi yang besar dan tidak tanggung-tanggung, baik bermimpi pada skala Indonesia hingga dunia. "Mudah-mudahan kelak saya dapat melihat manusia-manusia yang mampu mendobrak kezaliman dan bekerja sama membangun Indonesia," tutupnya.


scan for download