Berita / Utama

Peringatan HUT RI ke-68 : Kobarkan Semangat Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Shabrina Salsabila - Sabtu, 17 Agustus 2013, 19:59:58
BANDUNG, itb.ac.id - Dengan mengusung tema "Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat," ITB menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-68 di Sarana Olah Raga Ganesha ITB pada Sabtu (17/08/13). Upacara yang diikuti oleh karyawan, dosen, dan mahasiswa baru tahun ajaran 2013/2014 ITB tersebut berlangsung dengan khidmat.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia kali ini dipimpin oleh Bayu Miftah Amna (Teknik Tenaga Listrik 2010). Petugas upacara yang bertugas dalam acara ini merupakan anggota dari Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon I/ITB. Upacara dimulai pada pukul 08.15 WIB dengan penghormatan kepada pembina upacara yaitu Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi oleh alunan Lagu Kebangsaan Republik Indonesia yaitu Indonesia Raya oleh Paduan Suara Mahasiswa ITB (PSM ITB) dan Marching Band Waditra Ganesha ITB (MBWG ITB). Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan teks Pancasila.


Pada upacara kali ini pula 280 karyawan ITB diberikan penghargaan atas pengabdiannya kepada ITB sebagai pegawai negeri sipil. Penghargaan tersebut merupakan Penghargaan Satyalancana Karya Satya untuk pegawai negeri sipil yang telah mengabdi selama 10 tahun sebanyak 75 orang, selama 20 tahun sebanyak 139 orang, dan selama 30 tahun sebanyak 22 orang. Selain itu, 43 karyawan ITB dianugerahkan Penghargaan Pengabdian 25 Tahun dari Institut Teknologi Bandung. Karyawan yang medapatkan penghargaan tersebut kebanyakan merupakan dosen dan staff administrasi.


Setelah pemberian lencana penghargaan, upacara dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu nasional oleh Paduan Suara Mahasiswa ITB dan MBWG ITB,  "Hari Merdeka" dan "Padamu Negeri". Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Direktur Kepegawaian ITB, Suharto, S.H., yang diikuti oleh lagu Syukur dari PSM ITB. Pada pukul 09.30 WIB upacara ditutup dengan persembahan dari MBWG ITB dengan lagu nasional ciptaan Ibu Soed, Tanah Airku.