Berita / Utama

ODDISEY 2013 : Realisasikan Ilmu Manajemen

Shabrina Salsabila - Senin, 15 Juli 2013, 09:23:49
BANDUNG, itb.ac.id - Sebuah penampilan yang sangat memukau kembali disuguhkan oleh mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dalam Opera and Drama Inspired by SBM for Education and Charity (ODDISEY) pada Jumat-Sabtu (05-06/07/13) di Trans City Theatre Trans Studio Bandung. ODDISEY yang telah sembilan kali diadakan ini merupakan kegiatan tahunan sebagai proyek dari mata kuliah Manajemen Praktis di SBM ITB.

Dalam mata kuliah tersebut Manajemen Praktis mahasiswa diwajibkan untuk membuat acara untuk mempraktikkan ilmu manajemen dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan nyata termasuk menghadapi risiko-risikonya. Keuntungan dari acara ini akan disumbangkan kepada yayasan sosial.

Pada dua semester sebelumnya mahasiswa SBM ITB juga telah mempelajari bagaimana menampilkan sesuatu di depan umum, menciptakan ide produk yang belum ada sebelumnya, mengasah kreativitas, dan kepercayaan diri dalam mata kuliah Performance Art dan Art Recollection. "Dapat dikatakan bahwa ODDISEY ini merupakan bentuk realisasi dari kedua mata kuliah tersebut" ujar Fathiyya Az Zahra (Manajemen 2012) yang merupakan salah satu panitia sekaligus pemain musik dalam ODDISEY 2013.

Pada ODDISEY ke-9 ini ditampilkan sebuah opera dan drama yang bertajuk Panca Kelana. Drama ini mengisahkan perjalanan lima pandawa yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kelima tokoh tersebut memiliki konflik dan perjalanan hidup yang berbeda. Kisah hidup 5 Pandawa tersebut diinterpretasikan dalam 4 nomor pertunjukkan yaitu Body Performance, Mix and Match, Romance Fantasy, dan Mimesis Show.

Dengan persiapan selama dua bulan penampilan drama ini dapat dikemas secara apik dengan berbagi macam tarian dan juga musik yang dimainkan secara live dan merupakan hasil karya ciptaan tim musik Oddisey 2013. "Dari kegiatan ODDISEY ini saya mendapatkan banyak manfaat mulai dari kemampuan bermain musik yang berkembang sampai dengan manajemen waktu untuk mengatur waktu latihan dan kegiatan lain," ujar Fathiyya.

Selain Oddisey Show akan diselenggarakan pula rangkaian acara lainnya yaitu Panca Masa, sebuah pameran yang akan membawa pengunjung bernostalgia menuju 5 dekade kebelakang. Acara ini akan diadakan di Pascal Hyper Square pada Sabtu-Minggu (20-21/07/13) mendatang.