ITB dan Kementerian Perdagangan Kembali Selenggarakan Program Diploma III Metrologi

Oleh Shabrina Salsabila

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB kembali menjalin kerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI (Kemendag). Nota kesepahaman kerja sama (Memorandum of Understanding, MoU) mengenai pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang sumber daya manusia perdagangan ini ditandatangani oleh Rektor ITB, Prof. Akhmaloka dan Sekretaris Jenderal Kemendag, Gunaryo pada Senin (29/04/13) di Aula Barat ITB. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI (Mendag), Gita Wirjawan.

Kerja sama ini diselenggarakan untuk menyikapi perkembangan teknologi di bidang metrologi (ilmu mengenai pengukuran). Dalam kerja sama ini, ITB diberi kepercayaan oleh Kemendag untuk menyelenggarakan pendidikan Diploma III Akademi Metrologi sebanyak 3 angkatan yang terdiri dari 150 mahasiswa. Beberapa bagian dari proses belajarnya akan dilakukan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Kemetrologian Bandung.

Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, berharap dengan berdirinya Akademi Metrologi ini emendag dapat memenuhi kebutuhan SDM kemetrologian secara mandiri, baik untuk tingkat pusat maupun daerah.

"Lembaga pendidikan vokasi kemetrologian ini sangat dibutuhkan karena lulusannya diharapkan dapat memberikan pelayanan kemetrologian yang maksimal dan profesional dalam melindungi konsumen maupun produsen dalam proses transaksi," jelasnya.

Gunaryo menyampaikan bahwa kerja sama di bidang pendidikan vokasi ini sebetulnya sudah dilakukan sejak tahun 2009 dan berakhir pada Juni 2014. Kerja sama ini dilakukan melalui Program Adhoc Diploma III Metrologi dan Instrumentasi yang telah meluluskan satu angkatan dan telah terserap sebagian besar di sektor pemerintah sebagai kandidat Penera maupun Pranata Laboratorium Kemetrologian baik di daerah maupun pusat.

"Penandatanganan MoU ini merupakan perpanjangan kerja sama yang diarahkan pada dukungan dan bimbingan pihak ITB. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kembali pendidikan vokasi kemetrologian yang dimiliki Kemendag sejak 1950 yang pada saat terssebut berada di bawah bimbingan ITB," jelas Gunaryo.

Sumber: swarajabbar.com detikfinance.com


scan for download