Berita / Utama

Mahasiswa ITB Wakili Indonesia dalam HSBC Asia Pacific Business Case 2013 di Hongkong

Ria Ayu Pramudita - Kamis, 9 Mei 2013, 11:54:23
BANDUNG, itb.ac.id -- Mahasiswa ITB yang tergabung dalam the Pacifist Team berhasil meraih medali emas Nasional pada ajang HSBC Business Case Competition 2013 pada Selasa (30/04/13) di Jakarta. Tim yang beranggotakan Cahyawardani (Manajemen 2010), Garin Alham (Manajemen 2010), Mohammad Rimba Putra (Manajemen 2010), dan Wisnu Aryo Setio (Manajemen 2012) ini pun mengantongi tiket menuju HSBC Asia Pacific Business Case Competition 2013 di Hongkong sebagai perwakilan Indonesia. Di Hongkong, Pacifist Team akan berkompetisi dengan juara nasional dari berbagai negara, seperti India, Hongkong, Cina, Taiwan, Jepang, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Filipina.

Tim yang dibimbing oleh Ir. Budi Permadi Iskandar, MSP dan Atik Aprianingsih ini tertarik mengikuti perlombaan business case karena kompetisi semacam ini dapat membantu mempertajam kemampuan analisis sekaligus mengaplikasikan langsung pembelajaran yang telah didapatkan selama kuliah. Banyak aspek dari bisnis dan manajemen yang berkaitan dengan permasalahan yang diberikan, mulai dari pemasaran, technology & operations, perbankan, sumber daya manusia, hingga manajemen strategis. Pacifist Team berhasil mengungguli lebih dari 60 tim yang telah mengumpulkan jawaban atas kasus yang diberikan. Dari seluruh tim tersebut, terdapat 6 tim yang melaju ke babak final, yakni perwakilan Universitas Indonesia (2 tim), Universitas Pelita Harapan (2 tim), Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya (1 tim), dan SBM ITB (1 tim).

Kompetisi yang diadakan untuk pertama kalinya di Indonesia ini merupakan program pendidikan HSBC untuk mengembangkan bakat-bakat pebisnis muda Indonesia. Selain kompetisi business case, diadakan juga seminar yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan mendalam dalam pendidikan bisnis. Pacifist Team berhasil meraih hadiah sebesar 25 juta rupiah dan trofi. Selain itu, setiap anggota tim akan mendapatkan sertifikat dan coaching dari eksekutif senior HSBC sebelum bertanding mewakili Indonesia di tingkat regional.

Kompetisi regional HSBC Asia Pacific  Business Case Competition 2013 sendiri telah 5 tahun diselenggarakan oleh The Asia Case Research Centre dan Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Hong Kong sebagai satu-satunya kompetisi business case tingkat sarjana di tingkat Asia Pasifik. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mengetahui kemampuan inovasi dan analisis mahasiswa, untuk memperkenalkan dunia bisnis yang nyata kepada para mahasiswa, serta untuk mengembangkan jejaring profesional dan sosial mahasiswa.

HSBC Asia Pacific Business Case Competition 2013 akan diselenggarakan selama 2 hari (05-06/06/13). Dua babak perlombaan akan dilaksanakan pada hari pertama sementara dua babak lainnya akan dilaksanakan pada hari kedua. Untuk setiap babak, setiap tim akan diberi sebuah business case dan waktu 2,5 jam untuk mempersiapkan presentasi solusi dari kasus tersebut. Kompetisi ini akan diikuti oleh peserta dari 24 universitas yang berasal dari 15 negara/teritorial dari seluruh Asia Pasifik, termasuk Universitas Melbourne, Universitas Tokyo, Universitas Macau, Universitas Auckland, Ateneo de Manila University of the Philippines, dan Taylor's University. Kompetisi ini akan dinilai oleh 40 eksekutif bisnis senior, termasuk di dalamnya 20 eksekutif senior dari HSBC.

Sumber: SBM ITB dan HSBC