SBM ITB Jalin Kerja Sama dengan PPI UK dalam Proyek Palapa 2013

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka mengglobalkan ide dan karya mahasiswa-mahasiswa Indonesia, dalam bidang industri kreatif, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB menjalin kerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Inggris (PPI UK). Kerja sama ini terjalin dalam bentuk Proyek Palapa, sebuah proyek yang diinisiasikan oleh PPI UK yang bergerak di sektor seni dan industri kreatif.

Proyek Palapa dikemas dalam bentuk Pameran Industri Kreatif Indonesia yang nantinya akan memamerkan produk-produk industri kreatif Indonesia. Proyek yang bertujuan menangkap atensi dunia terhadap industri kreatif di Indonesia ini akan digelar di London, UK, pada 4-6 Oktober 2013 mendatang. Dengan tajuk "Indonesian Creative Culture Exhibition", Proyek Palapa ini bermaksud untuk mengawinkan seni dan budaya asli Indonesia dengan industri kreatif yang mampu menyokongnya.

Proyek Palapa 2013 menjembatani tumbuhnya koneksi dan hubungan antara pengrajin dan seniman Indonesia dengan konsumen internasional. Dengan terjalinnya relasi ini, proyek ini dapat mendorong para pelaku industri kreatif di Indonesia untuk mampu mencapai standar global. Tercapainya produk-produk buatan Indonesia yang berstandar internasional mampu menaikkan tingkat kompetitif industri kreatif Indonesia secara global, sehingga mendukung kemajuan ekonomi Indonesia dengan potensi-potensi budayanya.

Produk-produk yang dapat diikutsertakan dalam proyek ini digolongkan dalam 8 kategori utama, yaitu mode dan aksesori, gaya hidup modern, interior atau eksterior rumah, perabot atau perangkat makan dan minum, furnitur, pendukung arsitektural, mainan, dan instrumen musik. Produk-produk tersebut harus dapat menonjulkan unsur budaya Indonesia yang melekat pada produk, dan memiliki potensi untuk diproduksi masal.

Para pebisnis kreatif Indonesia pun turut diundang untuk ikut serta mengirimkan karya dan proposalnya, dengan komposisi tim yang setidaknya terdiri dari seorang mahasiswa dan pengrajin dengan besar tim yang tidak dibatasi jumlahnya. Para penyelenggara berharap bahwa dengan pameran yang diusung melalui Proyek Palapa ini, dapat terlahir para wirausaha-wirausaha yang mampu meluncurkan bisnis di sektor industri kreatif dengan standar internasional. Selain itu, SBM ITB juga bekerja sama dengan harapan Proyek Palapa akan menjadi prototipe pertama dari usaha pemetaan digital pada industri kreatif dan budaya di Indonesia. Dengan mengikutsertakan mahasiswa dari Sabang hingga Merauke, diharapkan Proyek Palapa ini juga mampu mendorong interaksi antar mahasiswa Indonesia.

Untuk info lebih lanjut mengenai Proyek Palapa silakan buka tautan: www.palapanetwork.com


scan for download