Seminar Mahasiswa Penerima Bidik Misi: Beat Your Bad Habits, Build Your Good Habits

Oleh Akbar Syahid Rabbani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -  Untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa penerima BIDIK MISI di pertengahan semester genap ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan seminar Penyegaran dan Peningkatan Motivasi Diri Menuju Sukses pada Sabtu (23/02/13) di ruang 1201 Gedung Fisika ITB. Acara yang berjudul "Beat Your Bad Habits, Build Your Good Habits" ini dibawakan oleh Prof. Dr. Ichsan Setya Putra, dosen Program Studi Aeronotika dan Astronotika sekaligu Ketua Satuan Penjaminan Mutu (SPM) ITB.

Di awal seminar, Prof. Dr. Ichsan Setya Putra memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Beliau mengatakan bahwa  kita terdorong untuk belajar keras karena kita ingin memenuhi keinginan orang tua untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi dan juga mempersiapkan karir di masa depan. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi kerasnya masa depan. Selain itu, trik-trik menarik untuk mempersiapkan diri di masa depan juga disampaikan di awal seminar ini.

Selanjutnya Prof. Dr. Ichsan juga menambahkan bahwa potensi dan kesempatan yang kita miliki adalah sebuah hal yang sangat berharga. Namun, potensi dan kesempatan itu tidaklah cukup. Kerja keras dan mengubah kebiasaan buruk adalah sebuah hal yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan. "Kesempatan datang bersama tantangan berat. Tidak ada sukses yang tanpa kerja keras," ujarnya pada acara yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa FMIPA.

Setelah menjelaskan tentang potensi, kesempatan, dan kerja keras untuk meraih kesuksesan, beliau menyampaikan kebiasaan-kebiasaan baik apa yang harus diterapkan. Berbagai tips menarik untuk membangun kebiasaan yang baik, seperti bagaimana mencatat bahan kuliah yang efektif, bagaimana mempelajari bahan kuliah, bagaimana mengatur jadwal kegiatan, dan berbagai kebiasaan baik lainnya dipaparkan olehnya.

Selain kebiasaan baik yang harus dimiliki, pembicara juga menyebutkan beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari, seperti membiarkan diri kita tidak mempunyai motivasi, menunda pekerjaan, dan tidak fokus dalan suatu pekerjaan. Solusi untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut adalah sebagai mahasiswa kita harus bisa melawan kebiasaan-kebiasaan itu.

Seminar ini diakhiri dengan closing statement yang tentunya harus diresapi oleh para mahasiswa "Mintalah restu orang tua karena doa mereka merupakan doa paling kuat, sehingga kalian dapat diberikan kelancaran dalam menjalani perkuliahan di kampus ini," kata Prof. Dr. Ichsan seraya menutup acara ini.


scan for download