Program Mahasiswa Wirausaha: Tumbuhkan Minat Wirausaha Sejak Dini

Oleh Ahmad Furqan Hala

Editor -

BANDUNG - itb.ac.id, Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia merupakan salah satu permasalahan yang harus segera diselesaikan. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya minat wirausaha di Indonesia. Kebanyakan lulusan perguruan tinggi di Indonesia adalah pencari kerja (job seeker) dan bukan merupakan pencipta lapangan kerja (job creator). Walaupun di perguruan tinggi kebanyakan sudah memiliki mata kuliah mengenai kewirausahaan, akan tetapi hanya sebatas pada ilmu semata dan tidak ada keterpaduan dengan manajemen produksinya. Oleh karena itulah ITB menyelenggarakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dalam rangka meningkatkan minat wirausaha mahasiswanya.

Program Mahasiswa Wirausaha merupakan perpanjangan tangan dari program Co-op (Cooperative Education Program) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 1998. Tahun 2003 merupakan tahun awal program pengembangan wirausaha yang dijalankan di perguruan tinggi. Program wirausaha di perguruan tinggi ini dilaksanakan dengan latar belakang peningkatan aktivitas wirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha yang berbasis Ipteks. Kemudian sejak tahun 2009 mulailah dilaksanakan program mahasiswa wirausaha. Program ini dikembangkan oleh Direktoret Jenderal Perguruan Tinggi dan dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

PMW ITB dimaksudkan untuk memberi fasilitas untuk mahasiswa yang memiliki minat wirausaha dan ingin memulai usahanya dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan motto ITB. Dengan PMW ini, mahasiswa bisa mendapatkan fasilitas berupa pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan modal serta pendampingan saat memulai usahanya.

Program Mahasiswa Wirausaha ITB tahun 2013 merupakan program kelima yang diadakan tiap tahun sejak 2009 lalu. Selain mendorong mahasiswa untuk memulai bisnis, PMW juga bertujuan untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa serta membangun mental kewirausahaannya. Selain itu PMW juga dapat menjadi jaringan penghubung antara mahasiswa dengan pengusaha-pengusaha yang sudah matang melalui pendampingannya.

Program Mahasiswa Wirausaha ini hanya ditujukan untuk mahasiswa program sarjana ITB. Adapun rangkaian penyeleksian judul wirausaha yang masuk pertama-tama melalui seleksi berkas kemudian dilanjutkan dengan presentasi. Setelah itu, barulah pemenang PMW akan diberikan bantuan modal dan dapat memulai usahanya. Dalam pembangunan usahanya, tiap bulannya akan diadakan pendampingan serta pantauan melalui laporan usaha oleh mahasiswa.

Hal-hal yang akan dinilai dalam penyeleksian proposal dan presentasi wirausaha mahasiswa antara lain kreativitas dan inovasi yang dilakukan, orisinalitas ide serta nilai tambah produk, kandungan teknologi dalam implementasi usaha, peluang pasar yang dimiliki, keruntutan dan kelogisan usaha, serta analisa kelayakan finansial dan rencana tahapan implementasi yang akan dilakukan.

Program Mahasiswa Wirausaha ini direncanakan akan dijalankan sejak April-Desember 2013. Bulan April-Mei 2013 ini merupakan waktu penyeleksian proposal dengan batas akhir pengajuan proposal tanggal 3 Mei 2013 pukul 16.00 di kantor ITB Career Center, GKU Timur. Seleksi melalui presentasi akan dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2013 dan dilanjutkan dengan penetapan proposal terpilih pada 14 Mei. Kemudian pada tanggal 24 Mei 2013 akan diadakan penandatanganan kontrak dan setelahnya mahasiswa sudah dapat menjalankan usahanya. Pendampingan dilaksanakan secara berdampingan dengan pemulaian usaha. Mahasiswa yang program wirausahanya terpilih diwajibkan untuk mengimplementasikan usahanya maksimal tiga bulan setelah penandatanganan kontrak tersebut. Setelah itu pada bulan Desember 2013 akan diadakan evaluasi program secara menyeluruh.

"Program ini diharapkan akan menjadi bekal mahasiswa Indonesia ke depannya untuk menghadapi perdagangan bebas yang saat ini sudah mulai dilaksanakan. Selain itu juga diharapkan agar setiap diri atau setidaknya sebagian besar lulusan ITB tidak hanya tangguh sebagai job seeker, tapi juga menjadi job creator yang tangguh, inovatif, dan mampu bersaing dalam dunia wirausaha yang sebenarnya", kata Bambang, pelaksana Program Mahasiswa Wirausaha.


scan for download