Desain Produk Berkarya 2013: Design Possibilities

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Komunitas Mahasiswa Desain Produk (Industrial Design Student Society, INDDES) ITB kembali mengadakan pameran karya mahasiswanya untuk yang keenam kali pada Selasa-Kamis (16-18/04/13). Dengan tema "Design Possibilites", acara Desain Produk Berkarya ini diselenggarakan selama 3 hari dan bertempat di Galeri Campus Center Timur.  Memamerkan kurang lebih 80 karya, pameran ini ditujukan untuk civitas akademika ITB dan juga masyarakat umum.

Pembukaan Desain Produk Berkarya dilakukan oleh Ketua Program Studi Desain Produk, Anwar Bagus. Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar di Auditorium Campus Center Timur. Untuk mendukung pesan bahwa desain dapat diterapkan dimanapun, seminar ini mengambil tajuk "Kolaborasi dalam Berkarya". Acara seminar ini diisi oleh dosen Program Studi Desain Produk Pak Umar dan dosen dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Dr. Tatacipta Dirgantara. Pada seminar ini Tatacipta menjelaskan peran desain penting dalam pembuatan pesawat terbang dan juga di bidang manapun.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh INDDES ITB ini bertujuan untuk memperkenalkan desain produk pada mahasiswa ITB dan juga masyarakat luas. Tema yang dipilih kali ini juga menarik, di mana poin yang ingin ditekankan adalah bahwa desain dapat diterapkan di berbagai ilmu pengetahuan. Karya-karya yang dipamerkan berasal dari mahasiswa Program Studi Desain Produk sendiri maupun karya hasil kolaborasi dengan program studi lain.

Karya yang dipamerkan sangat beragam, ada sepatu, tas, pajangan, hingga terobosan-terobosan yang berasal dari keilmuan lain. "Kita sempat berkunjung ke program studi lain untuk melihat teknologi mereka. Setelah itu kita coba ulik, salah satunya kita kerjasama dengan SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati)," papar Rizqi Arfiyanto (Desain Produk 2009) selaku Ketua Acara Desain Produk Berkarya 2013. Ia berharap setelah pameran ini pengetahuan masyarakat tentang desian produk dapat bertambah dan karya-karyanya diterima oleh masyarakat.


scan for download