Blood4nation: Donor Darah sebagai Gaya Hidup Modern

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Acara donor darah kembali diadakan di ITB pada Jumat (12/03/13). Namun kali ini berbeda, acara yang dinamakan Blood4nation ini diadakan di Perpustakaan Pusat dan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Blood4nation digelar selama 2 hari dan diadakan serempak di 7 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Makassar, Malang, Medan, Pontianak, dan Jogjakarta.

Mengusung misi pemenuhan stok darah di Indonesia, Kedutaan Besar Amerika Serikat menginisiasikan acara ini dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia. Menggunakan jaringan American corner yang tersebar di beberapa kota besar, Kedutaan Besar Amerika Serikat menggagas sebuah momentum dalam rangka menjadikan donor darah sebagai gaya hidup masyarakat modern. Dengan bekerja sama dengan PMI Bandung dan Rektorat ITB, maka ditunjuklah Perpustakaan Pusat sebagai penyelenggara ajang tersebut.

'Kantung darah yang tekumpul disini nantinya akan digunakan untuk memnuhi stok darah PMI Bandung,' papar Yoka Adam Nugraha, S. Sos selaku Sub-Bidang Layanan Pemanduan dan Hubungan Masyarakat. Target PMI tahun ini adalah 4,5 juta kantung darah, namun saat ini baru 3,5 juta yang terpenuhi. Angka 4,5 juta tersebut didapat dari 2% jumlah penduduk total. Acara donor darah kali ini memiliki target 100 kantung darah yang rencananya akan dipenuhi dalam 2 hari.

Acara Blood4nation tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. 'Acara puncaknya akan digelar di @america, Pasific Place, Jakarta. Akan ada selebritis ternama seperti Indra Bekti dan Coboi Junior,' ujar Yoka. Diharapkan dengan adanya momentum seperti ini, donor darah menjadi hal yang biasa sehingga dapat menjadi gaya hidup masyarakat modern di Indonesia.


scan for download