Tebarkan Semangat Berbagi dengan Teater Musikal

Oleh Shabrina Salsabila

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Berangkat dari keinginan untuk menularkan semangat perjuangan hidup dan tumbuhnya harapan serta iman dalam situasi hidup seberat apapun, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) ITB mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan keajaiban bagi anak-anak panti asuhan dan mereka yang membutuhkan dengan melakukan penggalangan dana melalui sebuah pertunjukan teater musikal. Acara yang bertajuk KERSTWONDER Charity Concert ini diselenggarakan di Teater Tertutup Taman Budaya pada Sabtu (16/02/13) malam hari.

Acara yang bertemakan "Miracle stays even when you leave" ini dibuka dengan penampilan sulap oleh Kevin Riady (Teknik Industri 2011). Teater musikal tersebut dibawakan langsung oleh anggota KMK ITB.

Teater musikal yang disutradarai oleh Kevin Ferdyamin (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara 2012) ini menceritakan seorang penyanyi cafe bernama Renata yang diperankan oleh Novita Sugiarti (Fakultas Teknologi Industri 2012). Renata selalu membenci dan mengutuk hidupnya sendiri karena berbagai alasan. Namun kehidupannya berubah sejak bertemu dengan seorang pelukis bernama Rio, diperankan oleh Orvin Demsy (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2012), yang mengajari Renata bagaimana berkorban dan percaya pada orang lain.

Teater musikal ini disajikan dengan apik oleh pemeran-pemeran dalam pertunjukan ini. Tarian serta iringan musik yang dimainkan secara langsung membuat pertunjukan ini menjadi semakin hidup. Cerita dari teater musikal ini ditulis oleh Emilia Stefiani Emasurya (Sekolah Farmasi 2012) yang merupakan penulis dari novel remaja yang diluncurkan pada tahun 2012, Beautiful Soul.

Setelah melakukan survei untuk mencari sasaran bantuan, panitia KERSTWONDER akhirnya memutuskan untuk menyalurkan seluruh keuntungan dari acara ini kepada Panti Asuhan Al-Husainiyah yang terletak di Jalan Bima Dalam No. 78 Bandung serta Panti Sosial Tresna Werdha di Kecamatan Ciparay, Bandung.

"Kami memilih memberikan bantuan kepada panti asuhan dengan tujuan agar menambah semangat untuk menggapai cita-cita bagi anak-anak calon penerus bangsa, kemudian panti sosial kami pilih sebagai bentuk penghargaan dan balas jasa kepada orang-orang lanjut usia atas pengabdiannya di masa lalu," ujar Michael Aditya (Teknik Elektro 2011) selaku ketua panitia KERSTWONDER Charity Concert. "Kami harap seluruh masyarakat yang menyaksikan pertunjukkan ini dapat menangkap pesan kami bahwa apa yang kita lakukan untuk orang lain dapat menjadi sebuah keajaiban bagi orang tersebut," tutup Michael.


scan for download