Workshop Kurikulum 2013-2018 SBM ITB: Siapkan Mahasiswa Berkualitas yang Siap Bersaing Secara Global

Oleh

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) terus melakukan inovasi di bidang peningkatan mutu akademik untuk menghasilkan lulusan yang semakin berkualitas di masa depan. Hal ini terlihat saat workshop kurikulum 2013 - 2018 SBM ITB yang diselenggarakan pada hari Jumat - Sabtu (1-2/02/2013) di ruang Kresna SBM ITB.

Workshop yang dibuka langsung oleh Dekan SBM ITB, Prof. Dr. Sudarso Kaderi Wiryono, dan diikuti oleh seluruh pengajar SBM ini menjadi awal penyusunan strategi untuk meningkatkan daya saing dan kualitas mahasiswa SBM melalui pengembangan kurikulum. Di bulan Februari 2013 ini, pengembangan kurikulum yang telah dibuat oleh seluruh pengajar SBM tersebut akan diserahkan kepada ITB. Dalam opening speech-nya, Prof. Dr. Sudarso Kaderi Wiryono, mengharapkan SBM ITB bisa memperbanyak penelitian dan karya tulis ilmiah yang di publikasikan dalam jurnal internasional serta mendapatkan akreditasi internasional seperti Equis, AACSB, EFMD dan ABEST 21 yang tidak lama lagi akan keluar hasilnya. Hal ini tentu saja semakin membuat SBM ITB menjadi salah satu sekolah bisnis yang diakui oleh dunia internasional.

Untuk tahun ini, program sarjana SBM ITB memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Sarjana Kewirausahaan dan Program Studi Sarjana Manajemen. Lulusan Program Studi Sarjana Kewirausahaan dapat mengisi berbagai kegiatan kewirausahaan sebagai pewirausaha mula, perancang bisnis, konsultan bisnis, pengembang bisnis, investor, pewirausaha sosial, pewaralaba, analis kredit, pendamping bisnis, dan pembuat kebijakan kewirausahaan.

Sedangkan lulusan Program Studi Sarjana Manajemen diharapkan memiliki kemampuan dalam hal melakukan analisis dan merancang sistem manajemen, mahir menggunakan konsep dan kerangka manajemen serta teknologi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan manajemen di perusahaan, memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu mengambil keputusan manajemen serta terampil berkomunikasi dengan efektif dan mampu beradaptasi dengan konteks permasalahan manajemen yang dihadapi.

Begitu pula dengan Program Pasca Sarjana (S2) di SBM ITB, yang terdiri dari Magister Sains Manajemen (MSM) dan Magister Admininstrasi Bisnis (MAB), serta Program Doktoral (S3) yaitu Doktor Sains Manajemen (DSM). Pada kurikulum 2013 - 2018, Program Magister Sains Manajemen Pengembangan, didasarkan pada perubahan orientasi lulusan yang lebih berimbang: orientasi sains dan orientasi pemecahan. Yaitu dengan memberikan penekanan lebih besar pada bidang - bidang khusus yang menjadi ciri khas. Kedepannya akan ada MSM Finance, yang merupakan usulan stream mandiri terbaru dari program Studi MSM SBM ITB. Prodi ini didesain dengan positioning program S2 keuangan dengan kemampuan analitik yang mumpuni. Begitu pula dengan program Magister Administrasi Bisnis, yang menitikberatkan pada pengembangan kemampuan manajerial untuk dipersiapkan menuju level CEO dan level tertinggi lainnya.

Sumber Foto: SBM ITB


scan for download