Sosialisasi ITB Career Center: Jembatan antara Mahasiswa dan Dunia Kerja

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

 BANDUNG, itb.ac.id - Berkarya dan meniti karier adalah impian setiap mahasiswa. Bagaimana hal tersebut dapat dirasakan oleh segenap civitas akademika adalah kondisi yang diidamkan oleh ITB Career Center. Langkah awal dalam mewujudkan impian itu adalah mengetahui apa yang bisa dimanfaatkan di ITB Career Center. Rabu (30/01/13), dalam rangka mengakrabkan dan mendekatkan diri ke seluruh mahasiswa, ITB Career Center mengadakan Sosialisasi ITB Career Center yang berlokasi di Aula Timur.

Aula Timur ITB saat itu dipenuhi oleh berbagai mahasiswa dari berbagai jurusan di ITB dan bahkan dari masyarakat umum. Lebih dari 200 mahasiswa hadir dalam sosialisasi tersebut. Acara ini dibuka oleh Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., MT, selaku direktur ITB Career Center. Dalam pidatonya, beliau bercerita tentang sejarah ITB Career Center serta layanan apa saja yang diberikan oleh ITB Career Center.

Sosialisasi ini dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama digabung dengan pembukaan dan disampaikan oleh Bambang. Kemudian sesi kedua disampaikan oleh Sari Alessandra selaku ketua staff recruitment dan membahas tentang job portal, website, dan akun social media. Acara dilanjutkan dengan sesi ketiga yang diberikan oleh psikolog ITB Career Center tentang konseling karir. Di penghujung acara, ITB Career Center memberikan doorprize kepada peserta berupa sepeda gunung. Hal ini disambut sangat baik oleh peserta.

Menurut wawancara dengan Sari Alessandra, harapan dari acara ini adalah agar ITB Career Center semakin akrab di telinga mahasiswa. "Mahasiswa yang ada di ITB kan selalu bergilir. Ada yang lulus, ada yang baru masuk. Maka harus terus dikenalkan kembali dengan layanan (ITB Career Center) yang ada di ITB," papar Sari Alessandra yang biasa dipanggil Ales. Acara sosialisasi ini direncanakan agar menjadi agenda tahunan, bahkan diadakan dua kali setahun.

Layanan ITB Career Center

Jenis layanan yang tersedia di ITB Career Center memiliki jangkauan yang luas dan beragam. Mulai dari Informasi lowongankerja, kewirausahaan sampai konseling karir semuanya tersedia untuk anggota ITB Career Center. Bagi civitas akademika ITB, cukup dengan melakukan registrasi anggota ITB Career Center akan diberikan password dan username untuk mengakses dan menikmati layanan yan tersedia. Bagi mahasiswa dan alumni di luar ITB akan dikenakan biaya mulai dari Rp30.000,00Rp90.000,00 sesuai dengan jenis keanggotaan yang dipilih.


scan for download