Berita / Utama

SIBADES 2012: Bangun Instalasi Air Bersih di Desa Sukahaji

Ria Ayu Pramudita - Senin, 14 Januari 2013, 03:46:16
BANDUNG, itb.ac.id -- Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (HMS ITB) kembali mengadakan kegiatan Sipil Bangun Desa (SIBADES) di Desa Sukahaji Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat. Kerja sosial yang diikuti oleh 200 mahasiswa Teknik Sipil ITB ini berlangsung selama 5 hari berturut-turut pada Rabu hingga Minggu (19-23/12/12).

Memang bukan untuk yang pertama kalinya HMS ITB mengadakan kegiatan community development di beberapa desa di daerah Jawa Barat. Sebelumnya kegiatan yang berfokus pada pembangunan infrastruktur ini dilaksanakan di daerah Cipeundeuy, Pangalengan, Kabupaten Bandung pada tahun 2011. Pada tahun tersebut, HMS ITB membangun gedung sekolah tahan gempa.

Pada SIBADES tahun ini, Desa Sukahaji yang terpilih untuk menjadi tempat diadakannya kerja sosial tersebut. "Desa yang akan kami kunjungi dan perbaiki infrastrukturnya dipilih berdasarkan 6 faktor yaitu urgensi, kebutuhan masyarakat, aplikasi keprofesian, waktu, biaya, dan aksesibilitas," ujar Adi Luhung (Teknik Sipil, 2009) yang akrab dipanggil Ahung, Ketua Badan Semi Otonom Sipil Bangun Desa HMS ITB.

Berdasarkan pemaparan Ahung, permasalahan yang dimiliki Desa Sukahaji adalah permasalahan kurangnya air bersih untuk warga setempat. Maka untuk menyelesaikan masalah tersebut proyek yang dilakukan selama SIBADES kali ini adalah membuat instalasi air bersih, mulai dari menara penampung air, instalasi pipa sepanjang 900 m, mesin pompa air, MCK, dan bak penampungan air. Instalasi tersebut dibangun secara gotong royong bersama 6 tukang yang dipekerjakan dan juga warga sekitar.

Kegiatan SIBADES ini tak hanya berfokus pada 5 hari kerja sosial, sebelumnya sebagian dari mahasiswa Teknik Sipil ITB telah melakukan perencanaan mengenai pembangunan instalasi air bersih di Desa Sukahaji ini dengan mengaplikasikan keilmuan Teknik Sipil yang didapatkan di bangku perkuliahan. Hingga akhirnya pada akhir bulan Oktober 2012 dimulailah pembangunan instalasi air bersih tersebut di Desa Sukahaji dengan acara peletakan batu pertama dan seminar untuk masyarakat sekitar yang dihadiri juga oleh instansi pemerintahan setempat. Proyek di Desa Sukahaji ini ditargetkan akan selesai pada akhir Bulan Januari 2013.

"Acara ini diharapkan kedepannya tetap berkelanjutan dan untuk warga di sana yang telah diberikan bantuan, mudah-mudahan dengan adanya bantuan yang diberikan tidak membuat mereka manja tapi bisa memacu masyarakat untuk memajukan (daerah, red) mereka sendiri," tutup Ahung.

 

Oleh: Shabrina Salsabila

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia SIBADES 2012