Berita / Utama

IATMI-SM ITB Menangkan Kompetisi Simposium Nasional IATMI

Muhammad Hanif - Rabu, 2 Januari 2013, 08:07:21
BANDUNG, itb.ac.id - Tim Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Seksi Mahasiswa (IATMI-SM) ITB berhasil menjuarai kompetisi dalam simposium tahunan IATMI. Pada perhelatan yang berlangsung di Jakarta pada Rabu hingga Jumat (04-06/12/12) ini ITB menyabet sebagian besar titel juara dari kategori yang dilombakan. Keberhasilan itu antara lain juara 1 dan 3 pada Undergraduate Paper Competition, Juara 1 Postgraduate Paper Competition, dan Juara 1 Plan of Development.

Di kategori Undergraduate Paper Competition, tiga mahasiswa Teknik Perminyakan 2009 yang bergabung dalam satu tim yakni Budi Khoironi, Ade Anggi, Enggar Amretacahya berhasil meraih juara pertama. Dalam papernya, mereka mengajukan sebuah persamaan baru laju optimum dan kritis pada sumur horizontal. Paper yang berjudul "New numerical equation on critical and optimum rate for horizontal well in bottom water drive mechanism" berhasil menyisihkan kompetitor lainnya.

Pada kategori yang sama, Aditia Andria (Teknik Perminyakan 2009) yang mengajukan paper bertema rheology foam di underbalanced drilling (UBD) menyabet peringkat ketiga. Di kategori Postgraduate paper competition Satria Andrianata (Alumni Teknik Perminyakan 2008) meraih juara pertama. Dengan paper berjudul "A New Correlation for hydraulic fracture performance evaluation of horizontal wells in gas condensate reservoir", Satria berhasil menjadi yang terbaik.

Di kategori lainnya yaitu Plan of Development (POD), tim ITB yang beranggotakan empat mahasiswa Teknik Perminyakan 2009 Yana Wicaksana, Haryo Anindito, Tito Ajiguno, Awaldi Fitrah dan Satrio Agung (Teknik Geologi 2008) berhasil menyabet peringkat-1. Pada kompetisi ini, peserta dituntut untuk merancang lapangan minyak dengan data-data yang disediakan oleh panitia seperti well testing, logging, data cadangan.

Menjadi Ajang Silaturahmi

Pada kategori smart competition, titel juara diraih oleh Universitas Trisakti. Selain itu beberapa penghargaan lain juga diraih tim ITB seperti Best Paper Competition untuk profesional yang diraih Dr. Ir. Taufan Marhaendrajana (dosen Teknik Perminyakan ITB) dan juga Most Favourite Paper yang disabet Fatkhur Rahman (Teknik Perminyakan 2008).

Pada simposium yang diselenggarakan oleh IATMI pusat ini, mahasiswa yang tergabung dalam IATMI-SM di universitasnya berkumpul dan saling beramah tamah. Ajang tahunan ini juga dimanfaatkan untuk bertukar informasi tentang program kerja antar IATMI-SM yang hadir. Beberapa IATMI yang menghadiri simposium tersebut diataranya IATMI-SM Universitas Indonesia, IATMI-SM Universitas Trisakti, IATMI-dan SM Universitas Pembangunan Nasional.